Berita Nasional dan Internasional Terkini

10 Amalan Yang Akan Mengubah Hidup Anda

Advertisement

Pernahkah anda merasakan begitu bersemangat dalam hidup? Tentu saja pernah. Tapi suatu ketika anda juga merasakan begitu lemah, jenuh. Begitu juga dalam hal beribadah. Kadang semangat, kadang meredup. Menjalani hidup juga tidak jauh berbeda. Ada saatnya kita berada pada situasi down seperti itu. Jiwa terasa sangat hampa.

Apakah itu perasaan yang normal ? Saudara-saudaraku, jika hal ini terjadi kepada kita ketahuilah itu adalah hal yang biasa dan tidak perlu risau dan terlalu tertekan dengannya.

"Iman itu bertambah, dan berkurang."
"Jiwa itu ada saat kuatnya, dan ada masa lemahnya."

10 Amalan Yang Akan Mengubah Hidup Anda

Tapi bagaimana kita menghadapi permasalahan ini? Sikap yang bagaimanakah akan kita gerakkan ketika menghadapi situasi seperti ini.

Tentunya, banyak orang menginginkan sebuah hembusan yang bernama ketenangan , kebahagiaan dan ketenteraman. Karena itu penyegaran  harus segera dilakukan dan bahkan harus dilaksanakan dan dilakukan sepanjang hayat kita .

Jadi , sharing saya kali ini ingin membawa sahabat pembaca kepada obat yang dapat mengisi kehampaan yang ada dalam hati kita ini . Perawatan yang harus disegerakan secepat kilat yang bercahaya .

Ada 10 amalan yang bisa dilakukan sehari-hari agar kita senantiasa bersemangat:

Pertama : Berusahalah untuk bertahajjud, karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya .

Shalat Tahajud biasanya dilakukan saat Qiamullail . Ibadah Qiamullail adalah kebiasaan para salaful shalih dan syiar para kekasih Allah SWT . Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits :

" Hendaklah kamu mengerjakan qiyamul lail karena qiyamul lail adalah kebiasan orang shaleh sebelum kalian . Qiyamul lail mendekatkan diri kepada Allah SWT , menghapus dosa dan megusir penyakit dari tubuh . "
( Riwayat At - Tirmidzi )

Shalat malam merupakan ibadah yang paling afdal karena ia lebih mendekatkan diri kepada rasa keikhlasan dan menjauhkan diri dari riak . Amalan ini sangat baik untuk mendidik diri agar selalu bersih , jernih dan suci!

Kedua : Melazimi membaca Al - Qur'an dan zikir al - mathurat sebelum terbit matahari karena ia adalah sumber ketenangan seorang mukmin muslim .

Al - Quran adalah motivasi paling baik bagi seorang mukmin . Anda percaya ? Ya . Ini
merupakan penggerak dan dinamo utama energi kekuatan seorang manusia untuk melaksanakan segala bentuk kebaikan dan mencegah kemungkaran .

Tegas Allah SWT dalam Firmannya yang berarti :
" Dan Kami turunkan dari Al - Quran sesuatu yang menajdi penawar dan rahmat bagi orang - orang yang beriman . "
( Al - Isra 17 : 82 )

Dan satu ungkapan yang menarik yang diucapkan oleh Utsman Bi Affan RA : " Jika hatimu itu suci, niscaya tidak akan kenyang ( puas ) dari firman Tuhanmu ( Al - Quran )."

Ketiga :Memelihara kesempurnaan shalat karena inilah kekuatan mukmin muslim yang utuh .

Solat. Ia merupakan garis hidup utama bagai seorang hamba kepada Tuannya .
Solat menghubungkan jiwa , ruh dan hati seseorang insan terus kepada RabbNya . Kesempurnaan shalat akan memberikan berbagai bentuk suntikan tenaga yang mampu menggerakan dan melonjakan produktivitas serta amal proaktif semua insan .

Kesempurnaan shalat terletak pada kekhusyukan dan aspek - aspek yang menyempurnakannya . Dengan khusyuk , terbukalah kunci - kunci pintu hati , bersinar serta Terlihatlah cahaya keimanan di dalam hati . Dengan ini seseorang akan merasakan manisnya iman di dalam jiwanya .

Solat menjadi kecintaan dan kerinduaannya karena mendapat manfaat bersama ibadah shalat . Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda :
" Dan dijadikan kesenanganku dalam shalat . "
( HR Nasai )

Keempat : Jaga sholat dhuha, karena kunci rezeki terletak pada shalat dhuha .

Rasulullah SAW bersabda :

" Pada setiap pagi ada kewajiban pada setiap orang untuk bersedeqah , dan cukuplah menggantikan semuanya dengan mengerjakan dua rakaat sunat Dhuha . "
( Riwayat Abu Dzar ra )

Sejujurnya , kita akan merasakan kelainan yang berbeda dalam menjalani keseharian ketika shalat sunnat ini telah menjadi malakah ( darah daging ) kita . Rasa janggal kalau terlewat atau tertinggal meskipun sehari .

Kelima : Selalu bersedekah setiap hari . Meskipun hanya dengan sekuntum senyuman karena ia penyubur kasih sayang .

Sedeqah adalah amalan yang sangat mulia . Ia membersihkan diri dari sifat - sifat yang mazmumah (tercela) dan memelihara sifat kasih sayang dalam diri manusia . Dan ganjarannya di sisi Allah SWT amatlah besar.

Allah SWT berfirman :
" Perumpamaan orang - orang yang menafqahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir , pada tiap - tiap butir seratus biji . Allah melipatgandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas (karunia - Nya ) lagi Maha Mengetahui . "
( Al - Baqarah 2 : 261 )

Keenam : Selalu memelihara wudhu terus menerus karena Allah mencintai hamba yang berwudhu ' .

Imam Al Banna selalu berpesan kepada sahabat - sahabatnya : " Bahwa Rasulullah SAW bersabda : " Wudhu adalah senjata mukmin , karena itu setiap Ikhwan peduli soal memperbaharui wudhu ketika dibatalkan bahkan di kala malam yang dingin menusuk tulang . "
Umar Al - Khattab RA : " Sesungguhnya wudhu yang baik , mengusir setan dari dirimu"

Ketujuh :Amalkan istighfar setiap masa agar terhapus segala dosa dan noda .

Apa itu istighfar ? Maknanya : " Permohonan Ampunan kepada Allah SWT. "
Istighfar ini menunjukan kemampunan seseorang untuk mengenali kesalahan , dosa , dan kemaksiatan yang telah dilakukan . Kemudian , muncul perasaan menyesal dan tekad yang kuat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama .
" Dan bersitighfarlah kamu kepada Allah , sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang . "
( Al - Muzamil 73 : 20 )
Nasihat Nabi Muhammad SAW kepada kita , sabda beliau :
" Sesungguhnya hatiku selalu lupa , padahal aku beristighfar kepada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali . "
( HR Muslim dan Abu Daud )

Kedelapan :Perbaharui azam dan tekad untuk terus melayani karena Allah SWT

Saban hari , pastinya jiwa dan hati kita akan diuji oleh Allah SWT dengan berbagai bentuk ujian dan tantangan . Dan tentu , jiwa kita itu harus disegarkan dengan memperbaharui azam dan tekad agar tidak layu dan kendur .

Terus bersemangat dan mengobarkan ambisi dan harapan adalah fitur yang harus di ada seorang yang ingin melaksanakan tugas yang berat ini . Yaitu tugas beribadah kepada Allah SWT . Dengan sedikit kemampuan yang Allah SWT berikan kita bisa menyebarkan syiar Islam melalui berbagai sarana dan cara dengan tingkat keahlian serta kemampuan yang kita miliki .

Kesembilan : Selalu ceria , bermanis muka dan berpikiran positif karena itulah karakter kepribadian seorang mukmin sejati .

Rasulullah SAW mengalakan agar budaya senyum itu dihidupkan oleh para sahabat dengan ungkapannya : " Senyum itu adalah sedekah . "
Senyuman itu akan membahagiakan siapapun yang melihat kita dan pastinya ia akan membenihkan bibit - bibit kasih sayang di dalam jiwa manusia . Kepribadian inilah yang harus diaktifkan untuk melahirkan masyarakat yang harmonis hidup bercinta di bawah naungan Islam .

Seharusnya juga , seseorang mukmin memelihara kesentiasaan positif dan meninggalkan pengaruh yang baik terhadap individu disekitarnya .
Imam Al - Banna berkata : " Orang saleh selalu meninggalkan pengaruh yang positif di mana pun ia pernah berada . "


Kesepuluh :Memelihara Diri dengan keikhlasan yang tulus karena Allah SWT karena disitulah letak nilai amal di sisi Allah SWT .

Ikhlas adalah ibadah hati yang pertama , terpenting , tertinggi dan merupakan dasar utamanya . Firman Allah SWT :
" Dan mereka tidak diperintahkan , selain untuk beribadah kepada Allah SWT memurnikan agama hanya untuk - Nya dengan penuh ketundukan . "
( Surah Al - Bayyinah 98 : 5 )
Ibnu Qayyim berbicara tentang ikhlas : " Ikhlas adalah menjadikan Allah SWT sebagai tujuan dalam melakukan ketaatan , yaitu Anda memiliki tujuan hanya pada Dia saja , bukan kepada selain - Nya . "


Inilah 10 amalan yang semoga bisa menjadi charge bagi kita semua sehingga kita selalu bersemangat dalam menjalani hidup dan akhirnya kita raih kesuksesan dunia dan akherat. Amin…

10 Amalan Yang Akan Mengubah Hidup Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...