Berita Nasional dan Internasional Terkini

Memilih Warna Pakaian Mengikuti Sunnah Nabi

Advertisement

Memilih Warna Pakaian Mengikuti Sunnah Nabi | Apa warna pakaian atau kain yang disukai oleh Rasulullah SAW? Sebagai seorang muslim tentu kita ingin mengikuti apapun yang dilakukan oleh Nabi. Ada banyak hal yang bisa kita contoh dari perbuatan Rasulullah. Ketika makan, berjalan, berbicara, berumah tangga, termasuk bagaimana Nabi kita berakaian. Kita bisa mencontoh beliau dalam hal warna yang sering digunakan oleh Nabi.



Sahabat Annas bin Malik mengatakan , " Warna yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah hijau . " Namun selain itu Rasul juga ternyata menyukai warna putih . Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad saw pernah memakai pakaian berwarna hitam , merah hati , abu-abu dan warna campuran.

Imam Al - Ghazali dalam Ihya 'Ulumiddin berkata : " Yang sangat disukai oleh Nabi saw adalah warna putih."

Ibnu Hajjar dalam Tanbih Al Akhbar mengatakan : " Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama . Adapun warna hijau adalah afdhal (lebih utama) dari warna lainnya , sesudah putih . "

Ibnu Ady meriwayatkan dari Jabir ra yang berkata : " Aku pernah melihat Nabi saw memakai serban hitam yang dipakainya pada hari raya ... "

Al Baihaqi meriwayatkan hadits dari Jabir ra katanya : " Pernah Rasulullah saw berpakaian yang bercorak merah pada dua hari raya dan pada hari Jumat . "
Al - Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. dia berkata : " Pernah Nabi saw keluar dengan kepala yang dibalut sehelai kain yang berwarna kelabu . "

Imam Bukhari meriwayatkan hadis dari Anas ra , beliau pernah melihat : " Nabi saw menutup kepalanya dengan kain biasa yang bercorak - corak warnanya . "


Dari beberapa hadis dan riwayat di atas dapat diketahui bahwa warna yang paling disukai oleh Rasulullah adalah warna hijau dan putih. Itulah yang bisa kita ikuti dari Rasul dalam hal berpakaian. Semoga bermanfaat. 

Memilih Warna Pakaian Mengikuti Sunnah Nabi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment