Berita Nasional dan Internasional Terkini

10 Virus Komputer Yang Mengakibatkan Kerugian Jutaan Dollars

Advertisement

Anda yang sering bermain dengan computer pasti sering berhadapan dengan virus. Menjengkelkan jika data-data penting kita atau bahkan computer kita jadi rusak gara-gara virus. Ada ribuan jenis virus di dunia ini, tapi ada 10 virus paling keji yang mengakibatkan kerugian besar, ia hanya mengambil beberapa baris kode untuk merusak komputer-komputer di seluruh dunia. 10 jenis virus yang terdaftar berikut adalah merupakan di antara yang terkeji di dunia yang mengakibatkan kerugian yang mencapai hingga jutaan dollars seluruh dunia.


10 Virus Komputer Yang Mengakibatkan Kerugian Jutaan Dollars

1. MyDoom –

Virus mengintip ini telah berhasil memecahkan beberapa jenis rekor dunia, tetapi pencapaiannya yang paling menonjol adalah ia paling cepat dan paling luas menyebar dalam sejarah penyebaran virus sedunia. Pada tahun 2004, ia telah menyebabkan pengurangan kecepatan lalu lintas internet di seluruh dunia sebesar 10 persen meskipun diprogram dengan umur selama 12 hari. Ketika saat kejayaan, setiap 1 dari 12 email di seluruh dunia telah dijangki virus 'MyDoom' ini.

2. Blaster

Virus ini telah menyerang ribuan komputer melalui 'backdoor' serta menyebar dengan mengeksploitasi 'buffer overflow' yang ada pada sistem operasi keluaran Microsoft. Itu diprogram untuk membuat SYN flood pada port 80 windowsupdate.com lantas membuat server Windows Update menjadi overflow.

3. Conficker -

Virus ini menyebar dengan menanam bug (bug) di dalam file dan printer release dari Windows dan menghubung-kaitkan dengan password-protected release, justru ia selanjutnya mencegah setiap akses dari pengguna. Namun begitu, virus ini tidak memiliki rutinitas yang merusak. Pada awal 2009, lebih dari 50 juta buah komputer dari seluruh dunia telah terinfeksi dengan virus ini.

4. ILOVEYOU -

Banyak pihak mengklaim seorang warga Filipina, Onel de Guzman bertanggungjawab terhadap virus tahun 2000 yang disebarkan melalui email ini. Namun, segala tuduhan ia dijatuhkan oleh karena pada waktu itu, di Filipina tidak ada hukum yang bisa digunakan untuk mengklaim cybercrime. Virus ini bekerja dengan menghapus file-file tertentu.

5. Sasser -

Malware ini telah menyebabkan PC-PC menjadi lumpuh pada tahun 2004 dengan menggunakan kesalahan yang dihasilkan dari sistem layanan Windows LSASS di mana selanjutnya ia akan mematikan komputer. Setelah pihak Microsoft menawarkan imbalan sebesar $ 250.000 (Rp 2,5 M), mereka telah menemukan petualangnya. Sven Jaschan, siswa ilmu komputer dari Rotenburg telah dijatuhi hukuman 21 bulan oleh  pengadilan pemerintah.

6. CODE RED -


Pada tahun 2001, virus jenis worm ini mengontrol komputer-komputer yang diserang menggunakan buffer overflow untuk meluncurkan serangan DDoS pada situs Gedung Putih. Kode sumber virus Code Red ini terdeteksi datangnya dari Filipina.

7. SOBIG.F -

Botnet ini adalah versi keenam bagi keluarga virus yang ada sejak tahun 2003. Versi terbaru ini menjadi sangat efektif, dimana ia mampu mengirimkan dirinya sendiri melalui email di dalam suatu sistem. Ia akan mencari alamat melalui akun email pengguna yang terinfeksi. Selain itu, ia mampu menginstal server email secara otomatis melalui penghantarnya.

8.SQL Slammer -

Pada tahun 2003, virus ini telah mengakses komputer-komputer yang terinstal server SQL dan selanjutnya telah menyebabkan mesin-mesin ATM di seluruh Amerika Serikat tergendala. Setengah dari keseluruhan node-node telah terinfeksi dalam waktu 15 menit. Paling menakutkan ketika virus ini juga menyerang pembangkit listrik nuklir.

9. MELISSA –

Pada tahun 1999, virus yang menggunakan macro di dalam perangkat lunak Office akan mengirim dirinya sendiri ke 50 kontak yang pertama di dalam address book korban lantas membuat server di dalam sistem yang terinfeksi menjadi overload. David L. Smith, rakyat Amerika yang dijatuhkan tuduhan atas tindak pidana tersebut diancam hukuman penjara 20 bulan dan denda $ 5,000 . Menurut pernyataan dari Mr Smith, nama Melissa diambil dari seorang penari telanjang favoritnya.

10.NIMDA -


Virus backdoor ini menyerang segera tidak lama setelah serangan 11 September 2001 lalu membuat banyak yang mengklaim itu terkait dengan serangan dari Al-Qaeda. Namun, F-Secure telah menemukan teks yang tertulis: "Concept Virus (CV) v.5, Copyright © 2001 RP Cina "di dalam kode sumbernya. Menurut Peter Tippett, pencipta Norton Antivirus adalah antivirus yang paling luas tersebar pada zamannya.

10 Virus Komputer Yang Mengakibatkan Kerugian Jutaan Dollars Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...