Berita Nasional dan Internasional Terkini

KIsah Dan Misteri Lagu 'Gloomy Sunday'

Advertisement

Pernah mendengarkan lagu Gloomy Sunday? Ya, Sebuah lagu yang menyeramkan dan dianggap sebagai lagu pembawa maut dan juga dipercaya telah merenggut banyak nyawa. Mungkin tidak banyak yang mengetahui kisah dibalik lagu ini dan juga misteri-misteri yang mengiringinya.

Misteri lagu berjudul "Gloomy Sunday" yang diciptakan oleh seorang komponis bernama Reszo Seress yang keturunan Hongaria masih belum terungkap hingga hari ini. Semuanya dimulai pada tahun 1932 di mana Resza Seress bermimpi menjadi orang terkenal dalam dunia musik di Paris. Tapi mimpinya tidak kesampaian karena semua lagu ciptaannya tidak mendapat perhatian dari penerbit musik di negara itu. Reszo Seress tidak menyerah demi mencapai impiannya namun masalah mulai timbul ketika tunangannya meminta agar Reszo Seress mencari pekerjaan tetap yang menjamin masa depan.


KISAH DAN MISTERI Lagu Gloomy Sunday


Pada hari Ahad yang bersejarah pertengkaran hebat antara Seress dan tunangannya telah terjadi sehubungan dengan karirnya dan menyebabkan perpisahan di antara mereka yang disulami dendam dan benci di antara satu sama lain. Setelah pertengkaran tersebut Seress duduk di depan piano di rumahnya sambil menatap langit melalui jendela. Cuaca yang mendung saat itu mulai berubah suasananya saat hujan mulai turun. "Minggu yang suram," Seress berkata sendiri sambil memetik piano dan jarinya mulai memainkan melodi yang tampaknya mencerminkan kekecewaan yang dirasakan sewaktu berpisah dengan tunangannya. "Ya! Minggu yang suram (Gloomy Sunday)! Itu akan menjadi judul lagu baru aku, "kata Suress sendirian dengan gembira. Dia mengambil pensil lalu menulis notasi musik dan selesai menggubah lagu itu dalam waktu 30 menit.


Kemudian Seress  mengirim lagu barunya itu kepada seorang produser musik dan berharap lagu kali ini akan diterima. Beberapa hari kemudian, lagu itu dikembalikan dengan catatan penolakan yang mengatakan melodi Gloomy Sunday terlalu menyedihkan dan mereka tidak dapat menerimanya. Berikutnya lagu itu dikirim ke penerbit lain dan kali ini ia diterima. Penerbit tersebut memberitahu Seress bahwa lagunya akan didistribusikan ke seluruh dunia dan ini cukup menggembirakan Seress. Namun beberapa bulan setelah Gloomy Sunday disiarkan terjadi kejadian aneh yang semuanya dikaitkan dengan lagu tersebut. Di bawah ini ada beberapa insiden yang terkait Gloomy Sunday.


Insiden Pertama

Di Berlin, seorang pria meminta lagu Gloomy Sunday dimainkan dan kemudian dia kembali ke rumah lalu menembak kepalanya setelah mengeluh amat tertekan dengan melodi lagu itu yang selalu bermain di dalam pikirannya.

Insiden Kedua

Seminggu kemudian di kota yang sama seorang asisten toko wanita ditemukan tergantung di rumahnya. Polisi yang menyelidiki kasus itu menemukan salinan lagu Gloomy Sunday di dalam kamar tidur gadis itu.

Insiden Ketiga

Seorang sekretaris muda di New York telah bunuh diri. Pada catatan yang ditemukan dia meminta agar lagu Gloomy Sunday dimainkan pada hari pemakaman.

Insiden Keempat

Beberapa minggu kemudian seorang lagi warga New York berusia 82 tahun bunuh diri dengan melompat dari lantai tujuh apartemennya setelah memainkan lagu Gloomy Sunday dengan piano. Tidak lama kemudian seorang remaja di Roma yang mendengarkan lagu itu bunuh diri dengan melompat dari jembatan.

Insiden Kelima

Sebuah koran melaporkan kasus seorang wanita di utara London yang memainkan lagu tersebut sebanyak 78 kali tanpa henti di rumahnya sehingga menakutkan dan menaikkan kemarahan tetangganya. Mereka mengetuk rumah wanita tersebut tetapi tidak ada jawaban. Mereka akhirnya masuk ke dalam rumah itu dan menemukan wanita tersebut sudah meninggal dunia.

Insiden Keenam

Kematian demi kematian aneh yang dikaitkan dengan Gloomy Sunday memaksa pimpinan Perusahaan Penyiaran Inggris (BBC) melarang lagu itu dimainkan. Keanehan itu juga dirasakan penggubahnya, Seress. Dia kemudian menulis surat kepada mantan tunangannya agar mereka berbaik kembali. Namun beberapa hari kemudian dia menerima berita mengejutkan ketika polisi memberitahu tunangannya bunuh diri dengan meminum racun. Di sisi mayatnya salinan lagu Gloomy Sunday ditemukan.

Pada akhir 1930-an, ketika dunia memerangi Adolf Hitler lagu tersebut telah dilupakan. Salinan lagu ini masih tersedia tetapi tidak banyak yang berani mendengarnya setelah mengetahui sumpahannya. Namun insiden tidak berhenti di situ saja ketika beberapa tahun kemudian itu terjadi lagi.

Insiden Ketujuh

Januari 1968, setelah 35 tahun berlalu kini giliran Reszo Seress menjadi korban. Dia gagal membunuh diri dengun terjun dari bangunan. Tidak lama kemudian dia ditemukan mati gantung diri dengan menggunakan kabel di rumah sakit.

Insiden Kedelapan

Tahun 1997, Billy Mackenzie penyanyi yang merekam lagu Gloomy Sunday pada tahun 1982 juga mati bunuh diri di rumah ayahnya.

KISAH DAN MISTERI Lagu Gloomy Sunday


Lagu Gloomy Sunday ini juga dijadikan soundtrack dari sebuah film yang cukup populer ketika itu. Film itu memiliki judul yang sama dengan lagu tersebut. Film Gloomy Sunday mengisahkan sebuah hubungan segitiga seorang wanita pemilik restoran di Hungaria. Selain itu ada pihak mengklaim bila lagu Gloomy Sunday ini dimainkan secara instrumen saja pendengarnya akan tertidur dan mengalami mimpi buruk. Di negara asal Reszo Seress yaitu Hungaria telah melarang keras lagu Gloomy Sunday dipublikasikan karena telah meyebabkan meningkatnya kasus bunuh diri di negara tersebut. Kini lagu Gloomy Sunday memiliki berbagai versi dan penyanyi yang mendendangkan lagu itu namun tidak ada yang mau mendengarkan lagu asli Gloomy Sunday ini karena takut akan sumpahannya.

Lirik lagu Gloomy Sunday
Sunday is gloomy
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coaches
Sorrow has taken you
Angels have no thoughts
Of ever returning you
Wouldn’t they be angry
If I thought of joining you?
Gloomy sunday
Gloomy is sunday
With shadows I spend it all
My heart and I have decided
To end it all
Soon there’ll be candles and prayers
That are said I know
But let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressi’n you
With the last breath of my soul
I’ll be blessin’ you
Gloomy sunday
Dreaming
I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart here
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is tellin’ you
How much I wanted you
Gloomy sunday


Bagaimana dengan anda? Berani mendengarkan lagu ini? Harusnya berani, karena tidak ada yang bisa mencelakai kita jika kita selalu berlindung kepada Allah. Sebagai muslim kita sudah punya cara mengatasi perasaan tertekan seperti pada beberapa kasus di atas. Kita pasrahkan semua kepada Allah. Kita adukan semua permasalahan kepada Allah, insyaAllah semua akan baik-baik saja. 

KIsah Dan Misteri Lagu 'Gloomy Sunday' Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...