Berita Nasional dan Internasional Terkini

Mana Yang Lebih Baik, Kuning Telur atau Putih Telur?

Advertisement

Kuning Telur Dan Putih Telur | Selama ini banyak berita berseliweran tentang kandungan kuning telur dan putih telur. Ada yang bilang kuning telur lebih baik dikonsumsi tanpa putih telurnya. Sehingga kemudian banyak yang membuang putih telur pada saat mengkonsumsinya. Tapi ada yang bilang juga sebaiknya putih telurnya saja yang dikonsumsi, karena aman dari kolesterol. Jadi, mana yang lebih baik?

Mari kita lihat kandungan masing-masing putih telur dan kuning telur ini:

Mana Yang Lebih Baik, Kuning Telur atau Putih Telur?


Kolesterol

Kuning telur rata-rata mengandung 210 mg kolesterol, sedangkan putih telur tidak mengandung kolesterol langsung. Namun konsumsi 210mg kolesterol untuk sehari masih terbilang bagus dibandingkan konsumsi seharusnya, yaitu 300mg sehari.

Lemak

Telur kuning mengandung 1.6g lemak jenuh dan 2.7g lemak tidak jenuh. Putih telur tidak mengandung lemak. Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan perlu dikendalikan untuk mengurangi risiko sakit jantung, namun asupan lemak tak jenuh adalah penting. Ini karena ia memainkan peran penting dalam sebuah diet yang sehat.

Protein

Kedua bagian telur yaitu putih telur dan kuning telur mengandung protein, dengan 4g di dalam putih telur dan 2.7g di dalam kuning telur. Kandungan protein di dalam sebutir telur dianggap lengkap dan menyediakan sepenuhnya kebutuhan asam amino untuk tubuh. Protein juga membantu mengurangi rasa lapar, sekaligus mencegah dari kebiasaan makan berlebihan.

Vitamin dan Garam Mineral

Beberapa vitamin dan garam mineral yang baik terkandung dalam kedua bagian telur. Putih telur mengandung 8% riboflavin yang diperlukan tubuh. Kuning telur itu mengandung 5% kebutuhan tubuh untuk Vitamin A, 14% Vitamin B-12 yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari.

Sekali dilihat kuning telur seperti memiliki kandungan bahan yang lebih tidak menyehatkan, sebenarnya kuning telur juga memiliki bahan tambahan lain yang lebih baik untuk kesehatan. Misalnya kuning telur juga mengandung lecithin dan lemak omega-3 yang sehat.

Lecithin sering disarankan untuk orang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, sementara lemak omega-3 juga disarankan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular.

Selain itu, kuning telur juga mengandung lebih banyak vitamin dan mineral penting yang ada dalam putih telur, termasuk vitamin larut lemak: E, D dan K. Kuning telur juga merupakan salah satu sumber alami utama untuk mendapatkan vitamin D.

Kesimpulannya, memilih satu bagian saja dari telur akan memberikan efek negatif untuk kesehatan. Apalagi setiap bagian telur, apakah putih telur atau kuning telur masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang saling melengkapi antara satu sama lain. Sekalipun kuning telur mengandung kalori, lemak dan kolesterol, tetapi juga merupakan sumber utama untuk vitamin dan mineral penting lainnya.


Mana Yang Lebih Baik, Kuning Telur atau Putih Telur? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment