Berita Nasional dan Internasional Terkini

2 Koleksi Surat Rasulullah Untuk Pemimpin Dunia

Advertisement

2 Koleksi Surat Rasulullah Untuk Pemimpin Dunia | Ini adalah dua diantara beberapa koleksi surat yang ditulis Rasulullah SAW untuk para  pemimpin dunia. Di antara metode dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw untuk menyebarkan Islam adalah dengan mengirim surat-surat kepada raja-raja dan penguasa negara.

Setelah tahun keenam Hijrah, ketika kembali dari Hudaibiyah, Rasulullah saw memutuskan untuk mengirim pesan kepada raja-raja di luar Arab Saudi menyeru mereka kepada Islam. Dalam usaha untuk mengesahkan kelayakan kerasulan beliau, stempel perak yang juga menjadi cincin beliau telah dibuat di mana telah terukir kata-kata: "Muhammad Rasul Allah" (Sahih Al-Bukhari 2/872, 873).

foto cincin nabi


Surat-surat itu diterima baik oleh mereka kecuali Raja Persia yang telah merobek-robek surat Rasulullah setelah membacanya.

Dan inilah diantara surat Rasulullah tersebut:

1 - Surat kepada Raja Najasyi @ Negus - Ethiopia (Ethiopia)

Salah 2 Koleksi Surat Rasulullah Untuk Pemimpin Dunia


Isi surat

Dari Muhammad utusan Islam untuk An-Najasyi, penguasa Abyssinia (Ethiopia / Ethiopia). Salam bagimu, sesungguhnya aku bersyukur kepada Allah yang tidak ada Tuhan melainkan Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang rahmat keamanan, Yang Maha Memelihara, dan aku bersaksi bahwa Isa putra Maryam adalah ruh dari Allah yang diciptakan dengan kalimat Nya yang disampaikan Nya kepada Maryam yang terpilih, baik dan terpelihara. Maka dia hamil kemudian diciptakan Isa dengan tiupan ruh dari-Nya sebagaimana diciptakan Adam dari tanah dengan tangan Nya. Sesungguhnya aku mengajakmu ke jalan Allah. Dan aku telah sampaikan dan menasihatimu maka terimalah nasihatku. Dan salam bagi yang mengikuti petunjuk. [Zaadul Ma'ad 3/61].

Kisahnya

Ketika Rasulullah saw menulis surat kepada Raja Najasyi yakni Ashhamah bin Al-Abjar dan menyerunya kepada Islam. Raja An-Najasyi mengambil surat itu, lalu meletakkan ke wajahnya dan turun dari singgasana. Dia pun masuk Islam melalui Ja'far bin Abi Thalib ra

Beliau lalu mengirimkan surat kepada Rasulullah saw dan menyebutkan tentang keislamannya. Raja Najasyi akhirnya meninggal dunia pada bulan Rajab tahun ke-9 Hijriyah. Rasulullah saw memberitakan hal itu pada hari wafatnya lalu melakukan shalat ghaib untuknya. Beliau juga mengabarkan bahwa Raja Najasyi kelak akan masuk surga.

 2 - Surat kepada Raja Al-Muqawqis @ Binyamin - Mesir (Egypt)

Salah 2 Koleksi Surat Rasulullah Untuk Pemimpin Dunia


Isi surat
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari Muhammad bin Abdullah utusan Allah, untuk al-Muqawqis penguasa Mesir yang agung. Salam bagi siapa yang mengikuti petunjuk. Selain dari pada itu, aku mengajakmu ke panggilan Allah. Peluklah agama Islam maka kamu akan selamat dan Allah akan memberikan bagimu pahala dua kali. Jika kamu berpaling maka kamu akan menanggung dosa penduduk Mesir. "

Kisahnya

Setelah al-Muqawqis membaca surat Nabi saw, dia membalas surat beliau dan memberi kepada baginda dua hadiah. Hadiah pertama berupa dua hamba pembelian bernama Mariah binti Syamu'n al-Qibthiyyah yang dimerdekakan Nabi saw dan menjadi istri beliau, darinya Rasulullah saw mendapat seorang anak yang diberi nama Ibrahim (wafat ketika masih kecil), nama ini diambil dari nama moyang beliau Nabi Ibrahim as. Dan hamba kedua adiknya sendiri yaitu Sirin binti Syamu'n Al-Qibthiyyah. Hadiah kedua berupa kuda untuk tunggangan beliau

2 Koleksi Surat Rasulullah Untuk Pemimpin Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...