Berita Nasional dan Internasional Terkini

Hati-Hati ! Peminta Sumbangan Untuk Masjid Dan Yayasan Di Jalanan 99% Palsu

Advertisement

Bukan hanya di Jakarta, tapi di kota-kota besar lainnya juga selalu ada peminta sumbangan untuk masjid, pesantren dan rumah yatim piatu yang kadang alamatnya jauh dari tempat tinggal kita. Anda pasti pernah mendapati para peminta sumbangan yang membawa map dan surat-surat untuk pembangunan masjid atau pesantren itu juga khan?

Hati-Hati ! Peminta  Sumbangan Untuk Masjid Dan Yayasan 99% Palsu

Ternyata sebagian besar diantara mereka palsu alias fiktif. Sama sekali tak ada masjid atau pesantren yang akan dibangun. Sepenuhnya itu rekayasa oknum untuk mengeruk uang dari masyarakat. Kadang bahkan mereka sering agak memaksa ketika meminta.

"Berdasarkan pengalaman, mereka 99 persen nggak bener," kata Kasi Rehabilitasi Sudin Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda, dalam keterangannya, Selasa (8/4/2014) kepada detik.com

Miftahul menjelaskan, masyarakat jangan percaya begitu saja dengan mereka yang berlagak meminta sumbangan. Walau mereka berseragam dan membawa berbagai bukti dokumen lengkap.

"Itu yang pakai seragam, kadang biru-biru atau putih, atau hijau, nggak boleh itu. Sekarang juga dokumen bisa dipalsukan, bisa discan," imbuh dia.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbang sebenarnya gampang saja. Salurkan ke lembaga resmi yang sudah terjamin mutunya. Mulai dari Bazis DKI, PKPU, Yayasan Peduli Al Azhar, Dompet Dhuafa, dan banyak lagi lainnya.

"Jadi kalau mau menyumbang sebaiknya menyumbang ke yang resmi-resmi saja. Ke lembaga yang diakui," tutup dia.

Sudah lama memang symbol-simbol agama dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk mengeruk keuntungan pribadi. Menurut info yang didapat dari 2 wanita yang kemarin ditangkap oleh Sudin Sosial Jakarta selatan,  perhari mereka bisa mendapatkan 1 juta rupiah. Pasti angka yang sangat menggiurkan dan membuat mereka ketagihan.

Karenanya, akan lebih baik jika kita bisa menyalurkan sumbangan kita pada mereka yang benar-benar berhak menerima. Jangan sampai niat baik kita justru dimafaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Hati-Hati ! Peminta Sumbangan Untuk Masjid Dan Yayasan Di Jalanan 99% Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andika Pratama

0 comments:

Post a Comment