Berita Nasional dan Internasional Terkini

Kisah Teladan: Surat Al-Fatihah Menyembuhkan Sengatan Binatang Berbisa

Advertisement

Khasiat dan fadhilah dari Surat Al-Fatihah tidak diragukan lagi. Ada banyak hadis yang menyebutkan tentang itu. Blog berkah inipun sudah pernah memposting tulisan tentang itu. Di bawah ini ada kisah lain tentang khasiat dan fadhilah surat al-Fatihah itu yang terjadi pada masa Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadits dari Abu Said al - Khudri ra ia menjelaskan adanya satu kelompok sahabat Rasulullah saw yang keluar pergi bepergian . Di tengah perjalanan mereka singgah di sebuah desa Badui . Mereka telah meminta makanan , tetapi penduduk desa tersebut menolak memberinya .

sengatan ular berbisa


Dengan takdir Allah , tidak lama setelah itu , kepala kampung tersebut telah disengat binatang . Mereka telah berusaha untuk mengobatinya tetapi gagal . Beberapa dari mereka menyarankan agar mereka meminta pertolongan dari kelompok orang Islam yang singgah di kampung tadi. Mungkin mereka bisa membuat sesuatu untuk mengobati .

Mendengarkan harapan yang begitu tinggi terhadap mereka , sebagian dari orang Islam tadi memberitahu bahwa mereka dapat menolongnya , tetapi oleh karena penduduk tersebut pernah menolak permintaan mereka sebelum itu , mereka tidak akan menolongnya kecuali setelah berjanji memberi upah .

Rombongan itu setuju atas permintaan tadi untuk memberi beberapa ekor kambing. Orang Islam yang itupun datang menemui kepala kaum yang sedang sakit , lalu dihembusnya dengan air ludah pada tempat yang sakit tadi sambil membaca : " Alhamdulillah" . Dalam satu riwayat lain disebutkan bahwa doa yang dibaca adalah Surah al - Fatihah lalu perawat tadi mengumpulkan air ludahnya dan dihembuskan, yang membuat pasien sembuh . Dalam satu riwayat lain , dijelaskan bahwa upah yang diberikan adalah tiga puluh ekor kambing .
Keterangan hadis ini memperlihatkan bahwa Surah al - Fatihah itu sangat besar fadilatnya , di antaranya adalah untuk mengobati pasien akibat terkena racun , seperti disengat kalajengking , kelabang dan sebagainya .

Dijelaskan juga dalam keterangan hadis ini bahwa sahabat tadi , dengan izin Allah berhasil melakukan pengobatan dengan membaca Ummu al - Qur'an ( Surah al - Fatihah ) . Kalau difikir dari segi logika, terlalu sulit untuk menerima kenyataan , bahwa pasien dapat sembuh hanya dengan bacaan Surah al - Fatihah dan sedikit hembusan air ludah .

Setiap orang Islam bisa dikatakan tahu membaca Surah al - Fatihah , tetapi untuk meyakinkan bahwa bacaan yang diucapkan memungkinkan seorang pasien , seperti sakit terkena gigit kalajengking atau lipan bisa sembuh, sering dirasakan menjadi sesuatu yang sulit diterima . Bahkan kita sendiri mungkin tidak yakin bahwa usaha seperti ini dapat berhasil . Tapi , kesembuhan seperti ini bukan sesuatu yang mustahil , karena Allah swt itu maha berkuasa, tidak ada yang  melebihi kuasa Allah. Ketika Ia menghendaki sesuatu , Ia berkata : jadilah maka jadilah ( Yasin : 82 ) . Jadi intinya kita harus yakin dengan apa yang kita minta ketika kita membaca al-Fatihah tadi.


Sumber dari Darussyifa '

Kisah Teladan: Surat Al-Fatihah Menyembuhkan Sengatan Binatang Berbisa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...