Berita Nasional dan Internasional Terkini

Beberapa Keutamaan Shalat Dhuha (Lanjutan)

Advertisement


Keutamaan Sholat Dhuha | Bulan lalu blog berkah sudah memposting tulisan tentang Keutamaan Sholat Dhuha dan Cara Melaksanakannya. Ada beberapa keutamaan yang sudah disebutkan di sana, tapi ada beberapa hadis lagi yang menyebutkan tentang Keutamaan Sholat Dhuha ini. Karena tulisan tentang sholat dhuha ini saya lanjutkan di sini.

keutamaan sholat dhuha


Menurut sebuah riwayat dari  Abu Murrah Ath-Tha'ifi r.a. bahwasanya Nabi s.a.w. telah bersabda: Allah telah berfirman:

"Wahai anak Adam! Bersembahyanglah untuk Aku di awal pagi, niscaya Aku akan mencukupimu di akhirnya. "(Riwayat Ahmad)

Hadis Qudsi ini menganjurkan kita mengerjakan Shalat Dhuha yang fadhilahnya adalah  Allah Ta'ala menjamin akan memenuhi segala kebutuhan-kebutuhan duniawi kita setiap hari. Tidak ada yang bisa menghalangi jika Allah berkehendak memberi.

Tempat ibadah sunat yang dianjurkan dan menjadi amalan Rasulullah SAW sendiri adalah shalat sunnah Dhuha. Banyak hadis-hadis yang menganjurkannya dan menyatakan keutamaannya, diantaranya dalam hadis riwayat dari Abu Hurairah r.a.:

"Kekasihku Rasullullah SAW telah berwasiat kepadaku tiga hal, aku tidak meninggalkannya, yaitu; supaya aku tidak tidur melainkan setelah mengerjakan witir, dan supaya aku tidak meninggalkan dua rakaat shalat Dhuha karena ia adalah sunat awwabin, dan berpuasa tiga hari dari setiap bulan" (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat yang lain Rasullullah SAW pernah bersabda yang artinya:

"Pada setiap pagi biasakanlah atas tiap-tiap ruas anggota seseorang kamu bersedekah; setiap tahlil satu sedekah, setiap takbir satu sedekah, menyuruh berbuat baik satu sedekah, dan cukuplah (sebagai ganti) yang demikian itu dengan mengerjakan dua rakaat solat Dhuha. "(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Adapun kelebihan shalat Dhuha itu sebagaimana di dalam kitab "An-Nurain" sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Dua rakaat Dhuha menarik rezeki dan menolak kemiskinan."

Dalam satu riwayat yang lain Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuhanya niscaya diampuni Allah baginya akan segala dosanya walaupun seperti buih dilautan." (Riwayat Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)


Dan dari Anas bin Malik Radhiallahu 'anhu berkata: "Aku mendengar Rasulullah SAW berkata:" Barangsiapa yang mengerjakan shalat sunnah Dhuha dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan  baginya sebuah mahligai dari emas "(Riwayat Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Waktu shalat Dhuha adalah dari naik matahari sampai se-penggalah dan berakhir di waktu matahari tergelincir tetapi disunatkan dita'khirkan sampai matahari naik tinggi dan panas terik.

Cara menunaikannya pula adalah sama seperti shalat-shalat sunnah yang lain yaitu dua rakaat satu salam. Bisa juga dikerjakan empat rakaat, enam rakaat dan delapan rakaat. Menurut sebagian ulama jumlah rakaatnya tidak terbatas dan tidak ada dalil yang membatasi jumlah rakaat secara tertentu, sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh 'Aisyah bermaksud: "Adalah Nabi SAW shalat Dhuha empat rakaat dan menambahnya seberapa yang dikehedakinya." (HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah)

Subhanallah, betapa besarnya keutamaan sholat dhuha ini. Marilah luangkan waktu sebentar untuk menunaikannya di sela-sela kesibukan kita mencari rizki dunia. InsyaAllah…janji Allah pasti akan ditepati. 

Beberapa Keutamaan Shalat Dhuha (Lanjutan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment