Berita Nasional dan Internasional Terkini

Menjilat Jari Setelah Makan Adalah Sunnah Rasul

Advertisement

Jika ditanya, enak mana antara makan memakai sendok dengan makan langsung memakai tangan? Karena alasan kebersihan, mungkin banyak yang memilih memakai sendok ketika makan. Tapi soal enak dan nyamannya, kalau menurut saya lebih enak langsung memakai tangan kita. Apalagi kalau lauknya adalah ayam yang atau daging bertulang. Wah, kalau tidak langsung dipegang rasanya kurang mantap.

Menjilat Jari Setelah Makan Adalah Sunnah


Tapi bukan itu saja alasan sebagian orang memilih makan langsung pakai tangan. Ternyata itu adalah kebiasaan Rasulullah SAW ketika makan. Jadi kalau kita makan tanpa sendok, berarti kita juga mengikuti kebiasaan Rasul. Dan salah satu kebiasaan Rasulullah lagi adalah beliau selalu menjilat jari-jarinya sampai bersih setelah habis makan.

Adakah keistimewaan dari kebiasaan Rasulullah tersebut? Jika dipikirkan kembali, kita dilarang menyentuh makanan dengan tangan karena makanan akan cepat basi. Hal ini karena enzim yang ada pada jari kita itulah yang menyebabkan makanan itu menjadi basi lebih cepat dari biasanya.

Namun, perbuatan menjilat jari setelah makan telah menjadi budaya dalam keseharian kita terutama bagi masyarakat melayu di negara ini. Ketika kecil, orangtua sudah mengajarkan kita untuk menjilati jari setelah makan supaya tangan kita tidak belepotan makanan.

Tahukah anda  bahwa menjilati jari setelah makan itu salah satu sunnah Rasulullah saw?

Beliau bersabda:

"Sesungguhnya kamu tidak mengetahui (bagian) mana (dari makanan kamu) yang mengandung berkah." (Riwayat Muslim)

Apakah kita tahu bahwa perbuatan ini mendatangkan banyak kebaikan dari berbagai segi termasuk kesehatan? Sunnah ini telah terbukti secara ilmiah, mampu membantu proses pencernaan di dalam perut karena jari-jari kita memiliki enzim yang diperlukan untuk pencernaan makanan.

Karena ini adalah Sunnah Rasulullah, marilah kita ikuti. Mengapa harus malu jika memang kita sebenarnya lebih enjoy makan pakai tangan? Enjoynya dapat, sunnahnya juga dapat !

Menjilat Jari Setelah Makan Adalah Sunnah Rasul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

1 comments: