Berita Nasional dan Internasional Terkini

Apa Yang Dilakukan Rasulullah SAW Setelah Bangun Tidur?

Advertisement

Sunnah Nabi setelah bangun tidur | Sebagai ummat Nabi Muhammad SAW, sudah sepantasnya kalau kita selalu mengikuti sunnah-sunnah beliau. Jika ada orang yang mengaku menjadi ummat Rasulullah tapi tidak mau mengikuti sunnah-sunnahnya, seperti kata beliau, maka pengakuannya adalah bohong.

sunnah nabi ketika bangun tidur


Diantara sunnah Nabi yang perlu kita ikuti adalah ketika beliau bangun tidur. Tentang sunnah Nabi ketika mau tidur sudah pernah blog berkah posting. Dan kali ini adalah tentang apa yang beliau lakukan setelah bangun dari tidur. Ini adalah sunnah Nabi yang mudah kita amalkan karena setiap hari kita pasti tidur bukan?

Tidur merupakan fitrah manusia, jika manusia tidak tidur, sudah tentu manusia akan mati. Tidur juga adalah satu ibadah jika sesuai dengan caranya, maka ia akan mendapat ganjaran yang besar dari Allah swt, hanya dengan tidur manusia mendapat ganjaran dari Allah swt, maha suci bagi Allah, itulah maha penyayangnya Allah terhadap kita semua.

Jadi bagaimana Rasulullah saw bangun dari tidur dan apa yang beliau lakukan, ini adalah uraian perbuatan Rasulullah saw ketika bangun dari tidur:

Dan inilah Yang Rasulullah SAW Lakukan Setelah Bangun Dari Tidur

1. Begitu bangun dari tidur, beliau akan menyapu mukanya dengan tangan. Kemudian beliau membaca 10 ayat yang terakhir dari surah Ali-Imran.

Seperti apa yang disebutkan  dalam sebuah hadis yang artinya: “Setelah Rasulullah saw bangun dari tidur, maka beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangan, kemudian beliau membaca 10 ayat yang terakhir dari surah Ali-Imran”. (Muttafaqun alaih)

2. Beliau berdoa:

      الحَمْدُ لِلّهِ الَذِي أَحْيَانَا  بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وإَلِيْهِ النُشُوْرُ
Yang berarti: “Segala puji bagi Allah menghidupkan setelah mematikan kami dan dia akan dikembalikan”. (Muttafaqun Alaih)

3. Beliau terus bersiwak (sikat gigi) dengan sempurna.

Dalam hadis yang berarti: Ketika Rasulullah saw bangun dari tidur, beliau akan membersihkan mulutnya dengan siwak. (Muttafaqun Alaih)

4. Beliau akan membasuh tangannya sebanyak 3 kali.

Rasulullah saw telah berkata: “Apabila salah seorang dari kamu bangun dari tidur, maka basuhlah tangan Anda terlebih dahulu 3 kali sebelum memasukkan kedua tangan di dalam wadah, karena kamu tidak tahu di mana tangan Anda berada ketika sedang tidur”. (Muttafaqun Alaih)

Kesimpulannya: Apabila Rasulullah saw bangun dari tidur, maka beliau terus membaca ayat suci Al-quran serta memuji kebesaran Allah swt. Ini adalah satu sunnah terbaik untuk kita amalkan pada setiap pagi. Kehidupan Rasulullah saw telah membuktikan bahwa setiap amalan kita selama sehari semalam adalah ibadah, seperti firman Allah Ta'ala:

“Dan (Ingatlah) Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah dan beribadah kepadaku”. Adz-Dzariat ayat 56.


Semoga kita medapatkan hidayah dan kekuatan untuk mengamalkannya. Amin..

Apa Yang Dilakukan Rasulullah SAW Setelah Bangun Tidur? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment