Berita Nasional dan Internasional Terkini

Cara Sholat Istikharah Yang Baik Dan Benar Plus Doa

Advertisement

Cara Sholat Istikharah Yang Baik Dan Benar Plus Doa - Sholat istikharah atau istikhoroh adalah shalat sunat dua rakaat untuk memohon kepada Allah agar diberi petunjuk dalam menentukan pilihan yang lebih baik antara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya bagi seseorang . Ketika seseorang bertekad untuk mengerjakan sesuatu maksud sedangkan ia ragu - ragu apakah harus diteruskan atau tidak , maka disunatkan melakukan shalat sunat istikharah. Tentu harapannya agar Allah member petunjuk terbaik. Bagaimana cara melakukan shalat istikharah ini?

Sholat Istikhoroh ini lebih afdhal dikerjakan pada malam hari . Setelah selesai shalat teruslah berdoa dengan doa istikharah . Setelah itu ambillah keputusan hal yang akan dilakukan berdasarkan kecenderunan hati . Jika masih ragu - ragu maka lakukanlah lagi shalat tersebut sehingga mendapat ketetapan hati untuk membuat keputusan . Jika masih dalam keraguan juga , maka Insya Allah apa yang ditakdirkan setelah itu apakah melanjutkan atau tidak cita - cita tersebut memiliki kebaikan dan taufik dari Allah .

Cara Sholat Istikharah

cara sholat istikharah

a . Lafaz niatnya :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّهِ تَعالَى

“Aku niat sholat sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Taala”.

b . Diantara surat-surat yang dibaca yang dianjurkan ulama adalah :

Rakaat pertama , bacalah Al - Kafirun ( 1 kali ) .
Rakaat ke - dua , dibacakan Al - Ikhlas ( 1 kali ) .
atau ;
Rakaat pertama , bacalah ayat Al - Kursi ( 7 kali ) .
Rakaat ke - dua , dibacakan Al - Ikhlas ( 11 kali ) .

c . Dalam sujud akhir , baca tasbih berikut sebanyak 40 kali :

سُبْحَانَكَ لاَ عِلْمَ لَنَا إِلاَّ مَا عَلَّمْتَنَا إنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ

"Maha Suci Engkau yang tiada ilmu bagi kami kecuali apa yang Engkau ajarkan ( tunjukkan ) kepada kami . Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana !"

d . Sebelum bangkit dari sujud , mohonlah kepada Allah SWT .  agar ditunjukkan jalan yang benar dalam membuat keputusan dan pilihan .

e . Selesai memberi salam , bacalah shalawat untuk dihadiahkan kepada Rasulullah SAW . , Para sahabat beliau , para wali Allah dan seluruh umat Islam .

f . Membaca doa sholat sunat Istikharah :

doa sholat istikhoroh


" Ya Allah , aku memohon petunjuk darimu dengan ilmuMu dan aku menerapkan ketentuan daripadamu dengan kekuasaanMu dan aku memohon darimu akan limpah kurniaanMu yang besar . Sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala hal yang ghaib . Ya Allah , seandainya Engkau mengetahui bahwa urusan ini ( sebutkan… . ) adalah baik bagiku pada agamaku , kehidupanku dan kesudahan urusanku apakah cepat atau lambat , takdirkanlah ia bagiku dan permudahkanlah serta berkatilah bagiku padanya dan seandainya Engkau mengetahui bahwa urusan ini ( sebutkan .... ) membahayakan bagiku pada agamaku , kehidupanku dan kesudahan urusanku apakah cepat atau lambat , maka jauhkanlah aku darinya dan takdirkanlah kebaikan untukku dalam setiap situasi sekalipun kemudian ridhailah aku dengannya" .
 ( sebutkan urusan yang dimaksudkan di tempat yang bertitik ) .
  
g . Ulangilah doa tersebut sebanyak 3 kali . Dalam berdoa sebaiknya menyebutkan permintaan yang ingin diberikan petunjuk oleh Allah SWT . misalnya : " Ya Allah ! Jika Dikau mengetahui urusan ini ....... ( sebutkan perkaranya ) . "

 h . Serahkanlah sepenuh keyakinan kepada Allah SWT . sambil bermohon kepada - Nya agar diberikan petunjuk , apakah didatangkan melalui mimpi , intuisi atau dengan dipermudahkan urusan yang mana baik . Tidurlah dalam keadaan berwudhu dan berpakaian bersih .

 i . Lakukan shalat Istikharah 3 atau 7 hari berturut - turut , menurut kepentingannya . Insya - Allah akan diberi kecenderungan atau digerakkan hati untuk membuat sesuatu keputusan atau pilihan yang tepat .


 Itulah cara melakukan sholat istikharah yang bisa saya share, semoga bermanfaat untuk anda.

Cara Sholat Istikharah Yang Baik Dan Benar Plus Doa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...