Berita Nasional dan Internasional Terkini

[MENGAPA] Dokter Dan Petugas Di Kamar Operasi Memakai Baju Warna Hijau?

Advertisement

[MENGAPA]  Dokter Dan Petugas Di Kamar Operasi Memakai Baju Warna Hijau? | Jika kita perhatikan, para dokter dan perawat yang masuk ke ruang operasi  selalu memakai  baju warna hijau. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia,  nampaknya. Paling tidak inilah yang kita lihat pada film-film di televisi. Tahukah anda mengapa?

[MENGAPA]  Dokter Dan Petugas Di Kamar Operasi Memakai Baju Warna Hijau?


Pada mulanya dikatakan bahwa  dokter  memakai warna putih karena warna itu yang melambangkan kebersihan . Namun , seorang dokter yang berpengaruh telah menggantikan warna putih dengan warna hijau karena menurutnya warna hijau lebih dingin .

Walaupun sulit dipastikan mengapa warna hijau paling sesuai bagi dokter untuk melihat lebih baik di ruang operasi , umumnya karena hijau adalah warna yang berlawanan dengan warna merah .

Warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah saat melihat benda - benda berwarna merah , termasuk organ - organ tubuh yang berlumuran darah ketika pembedahan .

Melihat warna merah secara terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak mengurangi sensitivitas terhadap variasi warna merah .

Alasan lainnya adalah , terus - menerus fokus pada warna merah akan menyebabkan ahli bedah kurang fokus dan mengganggu penglihatan dokter. Jika warna baju - baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter .

Namun , banyak juga rumah sakit dari luar negeri menggunakan warna biru . Tapi belum diketahui alasannya apa. Tapi hijau agak dekat dengan biru juga khan ? Tapi bagi kita orang muslim, ada alasan yang lebih bagus lagi, yaitu bahwa warna hijau adalah warna kesukaan Rasulullah SAW. 

[MENGAPA] Dokter Dan Petugas Di Kamar Operasi Memakai Baju Warna Hijau? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...