Berita Nasional dan Internasional Terkini

Mengapa Orang Itu Tidak Sholat Tapi Sukses Dan Kaya?

Advertisement

Pertanyaan seperti itu sering muncul dari mulut orang. Seperti yang kita tahu , ilmu itu adalah cahaya , dan itu tidak akan memasuki hati - hati yang gelap. Tetapi kita lihat, kawan kita yang berjudi  yang minum arak, kok mereka bisa sukses Mengapa Orang Itu Tidak Sholat Tapi Sukses Dan Kaya?


Mengapa Orang Itu Tidak Sholat Tapi Sukses Dan Kaya?
,

Banyak yang mengajarkan kepada kita  bahwa  siapa yang berbuat baik, taat kepada ALLAH akan dipermudahkan jalan kehidupannya, tetapi yang kita lihat, tetangga kita ini tidak shalat, tetapi bisnisnya sukses dan  kita yang rajin sholat hidup dengan penuh tantangan dan cobaan. Kita juga tahu bahwa, Islam ini agama yang benar, tetapi kita sering melihat orang - orang yang bukan Islam  itu lebih sukses, dan ummat Islam tertindas dalam kehidupan yang mengenaskan .

Maka banyak orang bertanya,  Kenapa begitu ? Sekarang ini , yang mana benar ? Apakah kita yang kita fahami selama ini tidak benar ?

Anda sudah pernah mendengar  apa itu Istidraj ?

Istidraj ini adalah satu kalimah yang sering menunjuk kepada kondisi seseorang yang terus dilimpahkan rezeki dan kesuksesan yang berlimpah dalam kehidupannya, meskipun dia bukan hamba Allah yang taat, bahkan seorang tukang yang sudah teramat parah. Kenapa mereka ini dinamakan manusia yang mendapat istidraj ? Apakah maksud istidraj ?

Istidraj adalah , apabila Allah memberikan kesuksesan , harta kekayaan , rezeki yang melimpah ruah kepada manusia  supaya dia  menjadi lebih jauh dariNya . Orang jawa bilang ‘nglulu’.  Seperti orang tua yang sudah sering kali melarang anaknya makan permen, ketika melihat anaknya makan permen justru dibelikan sekaleng dan diserahkan pada anaknya.

Biasanya , manusia yang mendapat istidraj ini adalah mereka yang tidak berusaha menjalankan ajaran Islam  dalam kehidupan, juga tidak berusaha mengenali Allah SWT .

Contoh manusia yang mendapat istidraj ini banyak. Saya bagi contoh yang paling mudah . Salah satunya adalah Qarun.  Anda kenal  Qarun ? Dia  adalah seorang manusia yang teramat kaya . Diriwayatkan bahwa , kotak yang berisi  kunci gudang hartanya tidak mampu diangkat oleh orang - orang yang kuat . Hal ini akan menyatakan betapa kayanya dia .

Kisah Qarun ada di dalam Al - Quran. Hartanya melimpah ruah. Segala bisnisnya pasti menjadi besar. Segala investasinya mengembang . Hartanya makin hari makin bertambah.  Tetapi ketika Musa mencoba mengingatkannya mengenai semua kekayaannya itu datang dari Allah , maka Qarun dengan angkuh menjawab ,

" Tidak , semua ini adalah hasil dari ilmuku "

Lihatlah  apa kata Qarun. “Tidak , semua ini adalah hasil dari ... ILMUKU” . Dia sebenarnya semakin jauh dari ALLAH , meskipun kekayaannya melimpah ruah , rezekinya berlipat. Dia setiap hari mengolok-ngolok pengikut nabi Musa yang terdiri dari orang miskin dan hamba sahaya.

Bagaimana  akhir Qarun ? Dia akhirnya ditenggelamkan ALLAH ke dalam bumi dengan seluruh hartanya . Kisah ini ada di dalam Al - Quran .

Nah ... Apakah itu yang kita inginkan ?

Sebab itulah , saya ingin mengajak anda semua merenung , apakah yang akan timbul di dalam hati anda saat anda melakukan  dosa – dosa dan maksiat, kemudian anda  berhasil di dalam ujian atau bisnis . Apa kira-kira yang akan timbul dalam jiwa anda ?

Saya yakin , 99 % akan merasa begini , " Lihat , aku tak sholat pun berhasil . Siapa bilang sholat itu membawa kesuksesan ? "

Apakah yang akan terjadi kepada Anda ketika itu ? Anda berhasil , tetapi Anda langsung lupa bahwa yang memberi kesuksesan adalah Allah SWT , dan ini buktinya ada semakin jauh dari ALLAH . Itulah istidraj .

Maka jangan gusar bila tidak berhasil . Coba dan coba lagi. Hubungan keimanan Anda dengan ALLAH itulah yang pertama sekali harus Anda perhatikan . Jika Anda berhasil membangun hubungan keimanan yang baik, insyaALLAH, badai sebesar apapun  Anda akan mampu melewatinya .

Sebenarnya ALLAH suka menguji hamba - hambaNya yang beriman . Ada satu kisah yang saya suka baca ketika saya masih kecil .

Ada dua orang nelayan . Seorang penyembah berhala , dan seorang lagi muslim yang taat kepada ALLAH. Ketika menebar jala , yang menyembah berhala menyebut nama berhalanya, sedangkan yang muslim membaca bismillah. Ketika jala diangkat, yang menyembah berhala mendapat banyak ikan, sedangkan yang muslim, hampir  tidak ada ikan untuknya pada hari itu .

Malaikat yang melihat kondisi itu bertanya kepada ALLAH .

" Ya ALLAH , apakah yang telah terjadi ? HambaMu yang menyekutukanMu , KAU berikan dia rezeki yang banyak , sedangkan hambaMu yang menyebut namaMu , KAU tidak memberikan dia  apa - apa "

ALLAH menjawab ,

" Yang menyekutukanKu , tempatnya memang sudah pasti NERAKA . Maka apalah arti t rezeki yang pasti akan hancur itu jika Kuberikan kepadanya? Tapi HambaKu yang beriman itu , AKU akan mengganjarnya surga , maka AKU suka mengujinya untuk melihat kebenaran imannya "

Nah , jika saat ini anda sedang hidup susah, Itu semua adalah bagian dari ujian ALLAH . ALLAH menguji hanya untuk mereka yang dikasihi . Bukankah ALLAH SWT ada berfirman ,

" Apakah kamu mengira KAMI akan membiarkan kamu berkata kami beriman sedangkan kamu belum diuji ? ... "

Dan sebenarnya , bila hidup kita dihadang banyak  masalah, harusnya  kita merasa bersyukur . Tandanya ALLAH masih  dekat dengan kita. Ujian adalah tanda kasih sayang dan perhatiannya kepada kita . Anda pasti tidak mau senang sebentar di dunia, dan  di akhirat yang kekal abadi nanti Anda merana . Anda menginginkan istidraj?  Saya yakin tidak …


“Aku berbuat dosa, tetapi aku sukses ...”.  Berhati - hatilah ! angan sampai kata-kata  itu keluar dari mulut kita . Mari kita sama - sama  bermuhasabah kembali sebelum kita dihisab…

Mengapa Orang Itu Tidak Sholat Tapi Sukses Dan Kaya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...