Berita Nasional dan Internasional Terkini

Fadhilah Dan Cara Melakukan Sholat Tasbih Lengkap Dengan Doa

Advertisement

Fadhilah Dan Cara Melakukan Sholat Tasbih Lengkap Dengan DoaSholat Tasbih adalah salah satu sholat sunnat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilakukan. Saking pentingnya, hingga Rasul memerintahkannya untuk melakukannya minimal sekali seumur hidup. Yang paling baik adalah dilakukan setiap hari, atau setiap pekan, atau setiap bulan, atau setahun sekali. Memangnya apa fadhilah sholat Tasbih ini? Dan bagaimana cara melakukannya?

Fadhilah Dan Cara Melakukan Sholat Tasbih Lengkap Dengan Doa


Fadhilahnya jelas disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW. Yaitu bila kita melakukannya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan memberikan ampunan dosa-dosa kita , baik dosa yang pertama maupun yang terakhir,baik yang lama maupun yang besar,dan  dosa-dosa  yang tersembunyi maupun yang nyata kelihatan, adapun tatacara pelaksanaanya terangkum dalam hadist shahih dibawah ini ;

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا عَبَّاسُ يَا عَمَّاهْ أَلاَ أُعْطِيْكَ أَلاَ أُمْنِحُكَ أَلاَ أُحِبُّوْكَ أَلاَ أَفْعَلُ بِكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللهُ لَكَ ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيْمَهُ وَحَدِيْثَهُ خَطْأَهُ وَعَمْدَهُ صَغِيْرَهُ وَكَبِيْرَهُ سِرَّهُ وَعَلاَنِيَّتَهُ عَشَرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ أَرْبَعَ رَكْعَاتٍ تَقْرَأُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وِسُوْرَةً فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقُرْاءَةِ فِيْ أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ خَمْسَ عَشَرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُوْلُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ عَشَرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَ الرُّكُوْعِ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا ثُمَّ تّهْوِيْ سَاجِدًا فَتَقُوْلُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنَالسُّجُوْدِ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُوْنَ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِيْ أَرْبَعِ رَكْعَاتٍ إِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تُصَلِّيَهَا فِيْ كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِيْ كُلِّ جُمْعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لََمْ تَفْعَلْ فَفِيْ كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُ فَفِيْ كُلِّ سَنَةِ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِيْ عُمْرِكَ مَرَّةً
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, ia Berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda kepada Abbas Ibnu Abdul Muthalib :”Wahai Abbas, Wahai Paman ! Bukankah Aku telah memberimu?bukankah Aku sudah Menganugerahimu?Bukankah Aku telah Menghadiahimu?Tidakah Aku perbuat padamu sepuluh perkara?Yang bila engkau mengerjakan kesemuanya itu maka Allah Subhanahu wa Ta’ala, akan memberikan Ampunan akan dosamu.Dosa yang pertama maupun yang terakhir. Yang lama maupun yang besar. Baik yang tersembunyi maupun yang nyata kelihatan. Itulah sepuluh perkara yang kumaksud.

Caranya engkau lakukan Shalat empat rakaat, pada setiap rakaat engkau membaca Al Fatihah dan surat. Manakalah telah selesai membacanya di rakaat pertama, maka ucapkanlah saat kau masih tetap berdiri tegak : SUBHANALLAH,ALHAMDULILLAH, LA ILAHA ILLALLAH dan ALLAHU AKBAR, Sebanyal lima belas kali. Lalu engkau ruku dan Ucapkanlah ia sewaktu engkau masih dalam keadaan ruku ’itu sepuluh kali,Lalu angkatlah kepalamu bangun dari ruku itu sepuluh kali. Setelah itu engkau bergerak sujud dan saat dalam sujud itu, ucapkan pulalah sepuluh kali.

Kemudian sujud lagi dan kau baca sepuluh kali. Setelah itu kamu angkat kepalamu kembali dan bacalah sekali lagi sepuluh kali. Keseluruhan bacaan tersebut sebanyak tujuh puluh lima dalam setiap rakaat. Hal serupa itu kau lakukan dalam empat rakaat.

Kalau engkau mampu melakukan shalat tasbih tersebut setiap hari sekali,lakukanlah!,jika tidak bisa, setiap hari jumat sekali,Bila ternyata tidak mampu, lakukanlah sebulan sekali. Dan sekiranya masih tak mampu, Tunaikanlah setahun sekali saja. Kalau hal tersebut masih juga tidak bisa, Tunaikanlah sekali seumur hidup!”

(HR. Abu Dawud,Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya)


Cara Melakukan Sholat Tasbih

Shalat sunat Tasbih dikerjakan dalam empat rakaat, jika ditunaikan pada siang hari maka empat rakaat dengan sekali salam, jika ditunaikan  pada malam hari  empat rakaat diperbolehkan dengan dua kali salam. Seperti namanya, dalam sholat ini banyak dibaca kalimat TASBIH sebanyak 300 (tiga ratus) kali, dengan rincian sebagai berikut:


1.Setelah membaca surat  Al fatihah dan surat pendek saat berdiri
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  15  kali )

2  Setelah Tasbih Ruku’ (Bacaan  ruku )
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

3  Setelah I’tidal
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

4  Setelah tasbih sujud pertama (Bacaan Sujud)
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

5  Setelah duduk diantara dua sujud
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

6  Setelah tasbih sujud kedua
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

7  Setelah duduk istirahat sebelum berdiri (atau sebelum salam tergantung pada raka’at keberapa)
(SubhanALLAH,Alhamdulillah, La  iIaha  illallah dan Allahu Akbar  10  kali )

Jumlah total satu raka’at  (75 kali), Jumlah total empat raka’at  = 4 X (75 kali)

= 300 kali

Niat Sholat Tasbih
أُصَلِّى سُنّةَ التسبيح ركعتين لله تعالى
(Usholli sunnatat tasbiihi rok ‘ataini lillahi ta’ala)

Niat tersebut untuk shalat tasbih yang dilakukan dengan dua kali salam, sedang untuk yang satu kali salam sebagai berikut:

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعالى
(Usholli sunnatat tasbiihi arba’a roka’aatin lillahi ta’ala)


Bacaan Tasbih Yang Dibaca Hingga 300 x

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Disunahkan pada rokaat pertama membaca surat At-Takatsur, rokaat kedua membaca surat Al-'Ashr, rokaat ketiga membaca surat Al-Kafirun dan pada rokaat ke empat membaca surat Al-Ihlash.

Setelah selesai sholat tasbih, bacalah doa sholat Tasbih di bawah ini:

Doa Setelah Shalat Tasbih


اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ اْلهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اْليَقِيْن وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ 

وَعَزَمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجَدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ 

وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتىَّ اَخَافَكَ . اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ مَخَافَةً تُحْجِزُنِى عَنْ 

مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَعَاتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى اُنَاصِحَكَ فِى

التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى اُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّالَكَ وَحَتَّى اَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ  فى 

اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَاُحْسِنَ الظَّنَّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ النُّوْرِ رَبَّنَا اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا

وَاغْفِرْلَنَا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن .

Fadhilah Dan Cara Melakukan Sholat Tasbih Lengkap Dengan Doa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

1 comments:

  1. Terima kasih. informasi fadhilah shalat tasbih sangat bermanfaat sekali.
    Tasbih Giok juga bisa membantu dalam menghitung saat membaca tasbih, bisa diperoleh di www.tasbihgiok.com

    ReplyDelete