Berita Nasional dan Internasional Terkini

Suka Makan Minum Yang Panas-Panas? Baca Dulu Ini …

Advertisement

Makan atau minum dalam keadaan panas memang terkadang memberikan suatu kenikmatan tersendiri. Namun tahukah anda bagaimana sesungguhnya aturan Islam dalam hal ini? Mari kita lihat sejenak tuntunan Nabi Muhammad shallallahu ' alaihi wa sallam , " Makanan itu tidak dapat disantap kecuali jika asap makanan yang panas sudah hilang . " ( HR. Baihaqi ) .

Suka Makan Minum Yang Panas-Panas? Baca Dulu Ini …


Maka , jika makanan atau minuman yang akan engkau nikmati masih panas , tunggulah hingga dingin atau dinginkan , tetapi jangan meniupnya. [Baca hikmah di balik larangan meniup makanan yang masih panas] Ingatlah sabda Nabi shallallahu ' alaihi wa sallam , " Dinginkan makanan dan minuman kamu sesungguhnya tidak ada kebaikan pada makanan / minuman yang panas . " ( HR. Al - Hakim dan Ad - Dailami ) .

Ibnul Qoyyim Al - Jauziyyah rahimahullah berkata dalam Zadul Ma'ad , " Nabi shallallahu ' alaihi wa sallam tidak pernah menyantap makanan dalam keadaan masih panas . " Beliau juga bersabda , " Sesungguhnya hal tersebut ( menutup roti hingga dingin ) lebih besar barakahnya . " ( HR . Darimi dan Ahmad ) . Di antara barakah makanan yang dingin manurut Imam Nawawi rahimahullahu ta'ala adalah , tidak menyebabkan gangguan dalam tubuh . Maka , masihkah ingin makan kambing panas - panas ?

Suka makan sate juga ? Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu sebagaimana termaktub dalam At - Targhib Wat-Tarhib . " Pernah Rasulullah ( Shallallahu ' alaihi wa sallam ) mendatangi suatu kaum yang sedang makan daging bakar , mereka mengajak dia makan sama , tapi ia menolak dan tidak makan . Anas bin Malik radhiyallahu ' anhu berkata , " Rasulullah tidak menyukai makanan bakar dan makanan panas . "

Beliau bersabda sebagaimana terdapat dalam Al - Jami'ush Shaghir , " Makanlah makanan yang dingin sebab makanan dingin itu ada barakahnya . Ingatlah ! Makanan panas itu tidak ada barakahnya . "

Itulah beberapa cara makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita. Tentu ada kebaikan dalam ajaran-ajaran Rasul. Dalam hal ini, makan atau minum yang panas-panas ternyata berbahaya juga bagi gigi lho. Gigi menjadi cepat rusak dan seperti mati sehingga berwarna kuning tidak cerah.


Mari kita ikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW karena pasti ada hikmah di balik semua syariat yang diturunkan. Wallahu a’lam…

Suka Makan Minum Yang Panas-Panas? Baca Dulu Ini … Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment