Berita Nasional dan Internasional Terkini

[PENTING] Padamkan Lampu Ketika Anda Tidur !

Advertisement

Padamkan Lampu Ketika Anda Tidur | Mengapa kita harus memadamkan lampu ketika tidur? Ini adalah suatu sunnah dan salah satu teguran nabi pada sahabat karena ketika itu ada satu kejadian dimana saat itu ada rumah para sahabat yang hangus terbakar dijilat api. Dan hal itu terjadi ketika sahabat tadi tidur dengan membiarkan api tetap menyala.

[PENTING] Padamkan Lampu Jika Tidur !


Apa bahayanya jika kita tidur tidak memadamkan lampu?

1 - Api yang menyala itu bisa terbakar jika tersenggol oleh binatang perliharaan . Lampu listrik seperti  sekarang ini pun berbahaya jika tidak di " switch off kan " . Bisa terjadi hubungan arus pendek jika penggunaan melebihi batas yang seharusnya. Maka disini , adalah jelas bahwa sesuatu yang disuruh atau dilarang oleh Rasulullah saw itu mengandung hikmah dan pengajaran yang baik bagi mereka - mereka yang berpikir .

2 - Disamping tidur di dalam kegelapan ini supaya kita sebagai hamba mengakui kebesaran Allah swt, juga dalam kegelapan ini kita bisa menatap kehidupan kita apa yang bisa kita lakukan dalam kegelapan malam, serta bagaimana dengan kehidupan kita di dalam kubur yang gelap gulita nanti, jika tanpa ada bekal yang memadai di dunia ini .

3 – Membuat mata mudah terlelap setelah penat seharian bekerja di siang hari . Malam adalah waktu untuk manusia mengistirahatkan tubuh .

Meski pada zaman Rasulullah SAW belum ada lampu listrik, tapi maksud larangan Rasulullah itu tentu juga berlaku untuk jaman sekarang. Karena apa yang dibawa oleh Rasulullah adalah sangat sesuai di segala zaman . Ini karena wahyu yang diberikan kepada Rasulllulah adalah ilham dari Allah swt . Atas dasar ini marilah kita sama - sama amalkan apa yang disuruh dan meninggalkan apa yang dilarang .

Larangan Membiarkan Api Menyala Ketika Masuk Tidur

Dari Ibnu Umar ra dari Nabi Saw :
" Janganlah engkau membiarkan api itu dalam rumah - rumahmu dalam keadaan menyala, ketika engkau masuk tidur . " ~ Mutafaq'alaih ~

Dari Abu Musa al - Asy ` ari ra : " Ada rumah terbakar di Madinah mengenai keluarga rumah itu di waktu malam . "

Setelah Rasulullah saw diberitahu akan hal itu , tentang ada rumah terbakar tadi , lalu beliau bersabda : " Sesungguhnya api itu adalah musuhmu semua, maka dari itu jikalau engkau semua masuk tidur, padamkanlah api itu dulu . "~ Muttafaq'alaih ~

Dari Jabir ra dari Rasulullah saw bersabda :
" Tutuplah wadah ( bekas minuman ), ikatlah mulut tempat air atau sumbatlah , tutuplah semua pintu dan padamlah lampu . Sebab sesungguhnya setan itu tidak dapat menguraikan tempat air, tidak dapat membuka pintu, juga tidak dapat membuka wadah .
Jikalau seseorang di antara kamu semua itu tidak dapat menemukan , melainkan dapat memalangkan sebatang tangkai kecil di atas wadahnya dan menyebut nama Allah , maka hendaklah dia melakukan saja yang ia dapat melakukannya itu . Sesungguhnya tikus dapat membakar rumah dari sesuatu keluarga . "~ Riwayat Muslim ~

Nah, itulah salah satu nasehat Nabi ketika kita hendak tidur. Jadi anda yang masih biasa tidur dengan lampu menyala, sebaiknya dipadamkan. Disamping lebih irit dan hemat biaya, bisa dapat pahala juga khan jika diniati mengikuti sunnah nabi ?


Wallahu a’lam bisshowab…

[PENTING] Padamkan Lampu Ketika Anda Tidur ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment