Berita Nasional dan Internasional Terkini

10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak Kita

Advertisement

Otak adalah organ vital dalam tubuh kita. Dialah yang mengontrol pergerakan saraf dalam tubuh. Otak menerima informasi melalui indera dari dalam dan luar tubuh. Ia menganalisis informasi ini dan kemudian mengirim info itu kepada badan yang mengontrol fungsi dan tindakannya. Otak menyimpan memori masa lalu dan membuat seseorang menjadi senang, sedih, galau dan sebagainya.

Kesehatan otak kita harus kita jaga. Sebab jika otak kita tidak sehat, maka bisa membahayakan tubuh kita. Paling tidak ada 10 kebiasaan yang bisa merusak otak kita. Apa saja itu? Mari kita lihat :

10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak Kita


1. Tidak sarapan
Bila seseorang tidak mengambil sarapan, kadar gula darah akan menjadi rendah. Ini akan mengakibatkan kekurangan pasokan nutrisi pada otak dan membuatnya kurang aktif .

2. Makan berlebihan
Hal itu akan membebani pembuluh darah otak dan mengurangi kepekaan mental otak .

3. Merokok
Asap rokok akan mengakibatkan sel - sel otak rusak atau terbakar dan bisa mengakibatkan penyakit ' Alzheimer ' .

4. Penggunaan gula yang berlebihan
Konsumsi gula secara berlebihan akan mengganggu penyerapan protein dan nutrisi . Selain dari itu, ia akan mengganggu perkembangan otak yang sehat .

5. Polusi udara
Otak adalah pengguna oksigen terbesar dalam badan manusia. Pencemaran udara bisa menyebabkan pengurangan cadangan oksigen ke otak dan keaktifan otak .

6. Tidur berlebihan
Tidur memang bagus untuk mengistirahatkan otak tetapi waktu tidur yang panjang bisa mengakibatkan sel - sel otak kita mati .

7. Menutup muka ketika tidur
Tidur sambil menutup muka dapat mengakibatkan otak menerima lebih banyak karbon dioksida dibandingkan oksigen dan ini akan menyebabkan kerusakan pada otak .

8 . Membiarkan otak bekerja ketika kita berada di dalam kondisi kurang sehat
Bekerja ketika anda kurang sehat bisa mengurangi kemampuan otak dan juga menyebabkan kerusakan pada sel - sel otak .

9. Kurang imajinasi
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih otak kita . Kurangnya berimajinasi dapat menyebabkan tingkat kecerdasan / keaktifan otak menurun .

10. Jarang berpikir

Jarang berpikir akan menyebabkan otak kita kurang aktif . Jadi , diskusi yang membangun dapat menambah efektivitas kecerdasan otak kita .

10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment