Berita Nasional dan Internasional Terkini

Misteri ‘Pintu Gerbang Neraka’ Di Turki

Advertisement


Misteri ‘Pintu Gerbang Neraka’ Di Turki | Bagi orang Islam, surga dan neraka adalah hal gaib yang wajib diimani keberadaannya karena al-Qur’an menceritakan keduanya. Meski sulit untuk membuktikan keberadaanya karena belum ada orang yang secara langsung merasakan keduanya dan menceritakan kepada kita. Tapi begitulah iman, banyak bersentuhan dengan hal-hal yang maha gaib.

Misteri ‘Pintu Gerbang Neraka’ Di Turki

Meski belum ada yang melihat dan merasakannya, tapi para peneliti reruntuhan sebuah bangunan kuno di Turki mengatakan ada pintu gerbang yang bisa membawa Anda langsung ke neraka. Peneliti Italia mengumumkan bahwa sebuah gerbang ke neraka telah terbuka dari reruntuhan di sebelah Barat Daya Turki. Gerbang yang disebut Pluto Gate ini ditemukan pada halaman kuno di kota Phrygian, Hierapolis yang sekarang disebut Pamukkale.

"Pluto" berasal dari Plutonion dalam bahasa Yunani atau Plutonium dalam bahasa Latin. Pluto melambangkan gerbang menuju dunia bawah dalam tradisi dan mitos Greco-Roman.

"Kamar ini penuh dengan uap berkabut yang padat sampai menghalangi pandangan. Semua hewan yang melewati uap itu akan terus mati. Aku melemparkan burung pipit ke dalamnya, dan burung itu terus mati dan jatuh," tulis seorang ahli geografi Yunani Strabo.

Penemuan gerbang neraka ini dilakukan oleh ahli arkeologi Italia di Istanbul Turki, yaitu tim yang dipimpin oleh Fransesco D'Andria profesor arkeologi klasik dari University of Salento.

Misteri ‘Pintu Gerbang Neraka’ Di Turki

"Kami menemukan Plutonium setelah membangun jalur ke sebuah sumber air. Ternyata mata air Pamukkale yang mengeluarkan uap putih berasal dari gua ini," ungkap D'Andria,

Di dalam gua tersebut peneliti juga menemukan sisa-sisa candi, kolam renang, seri prasasti yang ditujukan untuk para dewa, Pluto dan Kore. Konon orang-orang hanya diizinkan menonton ritual suci dari jauh karena hanya para pemimpin keagamaan yang diizinkan berdiri di depan portal.

Beberapa ritual yang dilakukan dalam gua ini adalah dengan membawa hewan masuk dalam keadaan hidup, kemudian dikeluarkan dalam keadaan mati. Asap dalam gua tersebut memang sangat mematikan, sehingga jika terlalu dekat, karbondioksida akan membunuh semua makhluk hidup.

Misteri ‘Pintu Gerbang Neraka’ Di Turki

Dulu dipercaya bahwa hanya para kasim Cybele, dewi kesuburan kuno, yang mampu memasuki gerbang neraka tanpa mengalami luka atau mati. Mereka menahan napas selama mungkin. Selain bisa menyebabkan kematian, uap yang muncul dari gua ini dapat menyebabkan halusinasi dalam skala kecil.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa karena menegaskan dan menjelaskan informasi yang kita dapatkan dari sumber literatur sejarah kuno," jelas Alister Filippini, peneliti sejarah Romawi di Universities of Palermo, Italia.

Bagaimana, Anda berani untuk berkunjung ke  gerbang neraka di Turki ini?

Misteri ‘Pintu Gerbang Neraka’ Di Turki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment