Berita Nasional dan Internasional Terkini

Awas, Kurang Tidur Berisiko Stroke Dan Jantung

Advertisement

Tidak cukup tidur bisa meningkatkan risiko Anda untuk stroke dan serangan jantung. Itulah temuan para peneliti Inggris yang menganalisa data yang diperoleh dari lebih dari 470,000 orang dari delapan negara, termasuk Amerika Serikat.

"Jika Anda tidur kurang dari enam jam semalam dan mengalami tidur yang terganggu, Anda 48 persen lebih mungkin untuk mendapatkan atau mati karena sakit jantung dan 15 persen lebih kemungkinan untuk mendapat atau mati karena stroke," kata Dr. Francesco Cappuccio, dari Warwick Medical School di Inggris, seorang penulis dan juga peneliti di University of Warwick.

awas, kurang tidur berisiko stroke dan jantung

"Pola tidur larut malam dan bangun pagi sebenarnya adalah bom waktu untuk kesehatan kita, jadi Anda bisa bertindak sekarang untuk mengurangi risiko Anda untuk mendapatkan penyakit yang mengancam nyawa ini," ia menambahkan.

Dr. Michelle Miller, penulis bersama dalam studi itu dengan Dr. Cappuccio, menjelaskan dalam berita itu yang "tidur sebentar kronis menghasilkan hormon-hormon dan bahan kimia dalam tubuh yang meningkatkan risiko untuk penyakit jantung dan stroke, dan kondisi lain seperti tekanan darah dan kolesterol yang tinggi, diabetes dan obesitas."

Penelitian itu telah dipublikasikan pada 8 Febuari dalam European Heart Journal.

Kadang karena tuntutan pekerjaan  dalam kehidupan saat ini menyebabkan banyak dari kita mengubah waktu tidur yang berharga dengan bekerja untuk memastikan bahwa semua kerjaaan yang diberikan kepada kita sudah siap.

"Tetapi dengan melakukannya" kata Dr. Cappuccio, "kita meningkatkan risiko mendapatkan stroke atau penyakit kardiovaskular yang mengakibatkan, misalnya serangan jantung."

Dengan tujuh jam tidur semalaman melindungi kesehatan dan mengurangi risiko Anda untuk mendapatkan penyakit kronis, Begitu katanya. Tapi tidur yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan lho...

Awas, Kurang Tidur Berisiko Stroke Dan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment