Berita Nasional dan Internasional Terkini

[Kisah Dalam Al-Qur’an] Sejarah 12 Kaum Yang Dibinasakan Allah

Advertisement

Kisah Dalam Al-Qur’an -  Sejarah 12 Kaum Yang Dibinasakan Allah | Banyak sekali pelajaran dan kisah yang bisa kita gali dari Al-Qur’an. Karena memang al-Qur’an memuat kisah-kisah orang terdahulu, baik kisah baik atau kisah buruk. Diantara kisah-kisah yang ada dalam al-Qur’an adalah kisah beberapa kaum  telah dibinasakan oleh Allah karena mereka mengingkari utusan - Nya dan melakukan berbagai penyimpangan yang telah dilarang. Berikut ini kisah 12 kaum yang telah dibinasakah Allah dengan dosa dan azab yang berbeda-beda:

[Kisah Dalam Al-Qur’an]  Sejarah 12 Kaum Yang Dibinasakan Allah


1 . Kaum Nuh - Nuh berdakwah selama 950 tahun , namun yang beriman hanyalah sekitar 80 orang . Kaumnya mendustakan dan memperolok - olok Nuh . Lalu , Allah mendatangkan banjir yang besar , kemudian menenggelamkan mereka yang ingkar , termasuk anak dan istri Nuh ( al - Ankabut : 14 ) .

2 . Kaum Nabi Hud - Nabi Hud diutus untuk kaum ' Ad . Mereka mendustakan kenabian Nabi Hud . Lalu Allah mendatangkan angin yang dahsyat disertai dengan suara guntur yang menggelegar sampai mereka tertimbun pasir dan akhirnya binasa ( at - Taubah : 70 , al - Qamar : 18 , Fushilat : 13 , an - Najm : 50 , Qaf : 13 ) .

3 . Kaum Nabi Saleh - Nabi Saleh diutus Allah kepada kaum Tsamud . Nabi Saleh diberi sebuah mukjizat seekor unta betina yang keluar dari celah batu . Namun , mereka membunuh unta betina tersebut sampai Allah menimpakan azab kepada mereka ( al - Hijr : 80 , Hud : 68 , Qaf : 12 ) .

4 . Kaum Nabi Luth - Umat Nabi Luth terkenal dengan perbuatan homoseksual dan lesbian , yaitu hanya ingin menikah dengan pasangan sesama jenis . Kendati pun sudah diberi peringatan , mereka tak mau bertobat . Allah akhirnya memberikan azab kepada mereka berupa gempa bumi yang dahsyat disertai angin kencang dan hujan batu sehingga hancurlah rumah - rumah mereka . Kaum Nabi Luth ini akhirnya tertimbun di bawah reruntuhan rumah mereka sendiri ( al - Syu'ara : 160 , an - Naml : 54 , al - Hijr : 67 , al - Furqan : 38 , Qaf : 12 ) .

5 . Kaum Syuaib - Syuaib diutus kepada kaum Madyan . Kaum Madyan ini dihancurkan oleh Allah karena mereka suka melakukan penipuan dan kecurangan dalam perdagangan . Ketika membeli , mereka minta dilebihkan dan ketika menjual selalu mengurangi . Allah pun mengazab mereka berupa udara panas yang teramat sangat . Kendatipun mereka berlindung di tempat yang teduh , hal itu tidak mampu melepaskan rasa panas . Akhirnya , mereka binasa . ( at - Taubah : 70 , al - Hijr : 78 , Thaaha : 40 , dan al - Hajj : 44 ) .

Selain kepada kaum Madyan , Syuaib juga diutus kepada penduduk Aikah . Mereka menyembah sebidang lapangan tanah yang pepohonannya sangat rimbun . Kaum ini menurut sebagian ahli tafsir disebut pula dengan penyembah hutan lebat ( Aikah ) . ( al - Hijr : 78 , al - Syu'ara : 176 , Shad : 13 , Qaf : 14 ) .

6 . Firaun - Kaum Bani Israel sering ditindas oleh Firaun . Allah mengutus Nabi Musa dan Harun untuk memperingatkan Firaun akan azab Allah . Namun , Firaun malah mengaku sebagai tuhan . Firaun akhirnya maut di Laut Merah dan jasadnya tidak membusuk dan telah ditemukan oleh arkeolog modern . Hingga kini masih bisa disaksikan di museum mumi di Mesir ( al - Baqarah : 50 dan Yunus : 92 ) .

7 . Ashab Al - Sabt - Mereka adalah segolongan fasik yang tinggal di Kota Eliah , Elat ( Palestina ) . Mereka melanggar perintah Allah untuk beribadah pada hari Sabtu . Allah menguji mereka dengan memberikan ikan yang banyak pada hari Sabtu dan tidak ada ikan pada hari lainnya . Mereka akhirnya dibinasakan dengan dilaknat Allah menjadi kera yang hina ( al - A'raf : 163 ) .

8 . Ashab al - Rass - Rass adalah nama sebuah sumur yang kering airnya . Nama al - Rass ditujukan pada suatu kaum . Beberapa riwayat mengatakan , nabi yang diutus kepada mereka adalah Nabi Saleh . Namun , ada pula yang menyebutkan Nabi Syuaib . Sementara itu , yang lainnya menyebutkan , utusan itu bernama Handzalah bin Shinwan ( ada pula yang menyebut bin Shofwan ) . Mereka menyembah patung . Ada pula yang menyebutkan , pelanggaran yang mereka lakukan karena mencampakkan utusan yang dikirim kepada mereka ke dalam sumur sehingga mereka dibinasakan Allah ( al - Furqan : 38 dan Qaf : 12 ) .

9 . Ashab al - Ukhdudd - Ashab al - Ukhdud adalah sebuah kaum yang menggali parit dan menolak beriman kepada Allah , termasuk rajanya . Sementara itu , sekelompok orang yang beriman dilemparkan ke dalam parit yang telah dibakar , termasuk seorang wanita yang tengah menggendong seorang bayi . Mereka dikutuk oleh Allah SWT ( al - Buruj : 4-9 ) .

10 . Ashab al - Qaryah - Menurut sebagian ahli tafsir , Ashab al - Qaryah ( suatu negeri ) adalah penduduk Antaqiyah . Mereka mendustakan rasul - rasul yang diutus kepada mereka . Allah membinasakan mereka dengan sebuah suara yang sangat keras ( Yasin : 13 ) .

11 . Kaum Tubba - ' Tubaa ' adalah nama seorang raja bangsa Himyar yang beriman . Namun , kaumnya sangat ingkar kepada Allah sampai melampaui batas . Maka , Allah menimpakan azab kepada mereka sampai binasa . Peradaban mereka sangat maju . Salah satunya adalah bendungan air ( ad - Dukhan : 37 ) .

12 . Kaum Saba - Mereka diberi berbagai kenikmatan berupa kebun - kebun yang ditumbuhi pepohonan untuk kemakmuran rakyat . Karena mereka enggan beribadah kepada Allah walau sudah diperingatkan oleh Nabi Sulaiman , akhirnya Allah menghancurkan bendungan Ma'rib dengan banjir besar ( Al - Arim ) . (Saba: 15-19 )

Itulah kisah 12 kaum yang telah dibinasakan oleh Allah SWT karena dosa-dosa mereka. Kita lihat bahwa azab yang diberikan oleh Allah berbeda-beda. Hal ini bisa menjadi pelajaran kepada kita bahwa sangat mudah bagi Allah untuk membinasakan kita jika Allah menghendaki. Bisa dari atas, bawah, atau dari arah manapun. Mari kita renungkan bersama.

[Kisah Dalam Al-Qur’an] Sejarah 12 Kaum Yang Dibinasakan Allah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment