Berita Nasional dan Internasional Terkini

Dilarang Potong Kuku Dan Rambut Bagi Yang Mau Berkurban

Advertisement

Dilarang  Potong Kuku Dan Rambut Bagi Yang Mau Berkurban | Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah yang di dalamnya ada syariat berkurban bagi mereka yang punya kelapangan rezeki. Kurban adalah sunnat hukumnya. Tapi ada banyak aturan dan hokum yang mengiringi ibadah kurban tersebut. Diantaranya adalah tentang larangan potong kuku dan rambut ketika sudah memasuki bulan Dzulhijjah, bagi mereka yang mau berkurban.

Dilarang  Potong Kuku Dan Rambut Bagi Yang Mau Berkurban


Hal ini didasarkan pada hadis Nabi saw . yang bersabda , " Apabila kamu telah melihat anak bulan Dzulhijjah dan salah seorang dari kamu hendak berkurban , maka hendaklah ia menahan diri dari memotong rambut dan kukunya " . ( HR Muslim )

Nabi saw . bersabda , " Barangsiapa yang memiliki sembelihan untuk disembelih , maka ketika masuk bulan Dzulhijjah , maka janganlah sekali - kali dia memotong rambutnya dan kukunya sampai dia berkurban " . ( HR Muslim )

Berdasarkan 2 hadis di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jika seseorang ingin melakukan ibadah kurban pada bulan Dzulhijjah ini, maka ia tidak diperbolehkan memotong kuku dan rambutnya sampai selesai proses kurbannya. Ini berlaku jika sudah masuk pada bulan Dzulhijjah.

Menurut Imam Nawawi rahimahullah : " Maksudnya ( dari larangan tersebut ) adalah : Dilarang memotong kuku dengan gunting dan sebagainya . Dilarang menggunting ( memotong ) rambut apakah membotakkan ( mencukur ) , memendekkannya , mencabutnya , membakarnya dan lain-lain . Termasuk dalam hal ini ( dilarang ) memotong bulu ketiak , kumis , bulu kemaluan dan bulu yang ada di seluruh tubuh " . ( Syarah Muslim 13 / 138 )

Mayoritas ulama dari mazhab Maliki , Syafi'i dan sebagian Hanbali menyatakan makruh hukumnya bagi yang  melanggarnya .


Siapa yang tidak megerjakan haji tapi berniat untuk melakukan ibadah kurban , disunnahkan agar tidak memangkas rambut dan memotong kukunya setelah masuk 1 Zulhijjah hingga ke hari dia berkorban .

Dilarang Potong Kuku Dan Rambut Bagi Yang Mau Berkurban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...