Berita Nasional dan Internasional Terkini

Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Berbuka Puasa

Advertisement

Marhaban ya Ramadhan… Tinggal beberapa hari lagi kita akan masuk bulan Ramadhan. Sudahkah anda bersiap menyambut kedatangannya sepertiyang dilakukan Rasulullah SAW?  Puasa secara bahasa dapat diartikan sebagai menahan diri. Dari segi istilah syara 'berarti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa untuk suatu waktu tertentu’.

niat puasa ramadhan


Atau Puasa juga serinf diartikan menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Umat ​​Islam juga diminta menahan diri dari menipu, mengeluarkan kata-kata buruk atau sia-sia, serta bertengkar atau berkelahi. Ini karena puasa merupakan sarana untuk melatih kesabaran, kejujuran dan toleransi sesama umat. Secara tidak langsung praktek puasa akan menyuburkan sikap ikhlas di dalam diri pelakunya. Adalah menjadi harapan kita agar semua nilai yang baik ini akan terus diamalkan hingga bulan-bulan berikutnya.

Di sini saya sampaikan bacaan niat puasa menggunakan huruf latin untuk mewakili suara niat puasa di dalam bahasa Arab. Sangat dianjurkan anda yang belum fasih mengucapkannya, untuk belajar kepada guru agama yang terpercaya. Penulisan ini hanya ingin mempermudah kita untuk cepat memahami dan mengetahui akan niat dalam bahasa arab.

Tidak wajib dan tidak juga sunnah berniat dalam bahasa Arab, sebab pada dasarnya niat ada di dalam HATI, dan pengucapannya adalah hanya untuk menuntun hati kita agar lebih focus. Tapi baik dan berpahala jika dilakukan dalam bahasa Arab dengan niat kita cinta kepada bahasa Arab sebagai bahasa Nabi Muhammad saw dan bahasa Al-Quran.

Lafaz niat puasa Ramadhan: -

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ َشْهرِ رَمَضَانَ هَذِهِ الَسَنَةِ لِلهِ تَعَالَى

nawaitu souma godhin 'an adaa i, fardhi Syahri ramadhaana haadzihis Sanati lillahi ta'aalaa (Aku niat berpuasa besok pagi untuk menunaikan Fardhu Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala)


Doa berbuka puasa: -

الَّلهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرّاحِمِيْنَ

allahumma laka somtu wa bika aamantu wa 'alaa rizqika afthartu birahmatika ya
arhamarrohimin (Ya Allah bagi Engkau aku berpuasa dan dengan Engkau beriman aku dengan rezeki Engkau aku berbuka dengan rahmat Engkau wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang)

Waktu berniat puasa: -

Waktu berniat mulai dari terbenam matahari, yakni masuk waktu shalat fardhu Maghrib sampai sebelum terbit fajar shadiq (waktu Subuh). Jadi, bolehlah dilakukan niat puasa pada setiap bagian dari waktu tersebut, meskipun saat berbuka. 

Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Berbuka Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...