Berita Nasional dan Internasional Terkini

Kisah Umar Bin Khattab Dan Seorang Anak Penggembala

Advertisement

Kisah Ini diceritakan oleh  Abdullah bin Dinar, di mana beliau pernah berkata; aku telah keluar bersama Umar bin Khattab ke Mekah. Tatkala itu terlihat turun seorang anak pengembala dari atas bukit yang dekat dengan kami. Dia membawa banyak domba.

Kisah Umar Bin Khattab Dan Seorang Anak Penggembala
ilustrasi


Umar pun berkata ingin menguji anak gembala itu, "Wahai anak gembala, engkau juallah  seekor saja dari domba ini padaku."

Anak gembala itu berkata; "Aku adalah budak bagi tuanku sedangkan kambing-kambing ini adalah miliknya."

Kata Umar pula; "Engkau katakan saja pada tuanmu, kambing itu dimakan serigala."

Jawab anak gembala itu lagi; "Kalau begitu dimanakah Allah? Tidakkah Dia Maha Melihat?"

Mendengar jawaban anak gembala itu Sayyidina Umar menangis tersedu-sedan karena merasa amat terharu karena ada anak kecil yang berada di bawah pimpinannya begitu kuat imannya kepada Allah, padahal, sekali lagi dia masih seorang anak kecil.

Keesokan harinya, Umar menemui anak gembala itu dan tuannya lantas memerdekakannya. Umar berkata kepada budak itu; "Aku memerdekakan engkau di dunia ini dari tuanmu, moga-moga engkau merdeka juga di akhirat nanti."

Begitulah pelajaran iman dari seorang anak kecil kepada Umar bin Khattab dan tentu kita semua. Sebagai mukmin, sudah seharusnya kita selalu merasa bahwa bahwa setiap apa yang kita kerjakan, Allah Taala selalu ada mengawasinya. Dan jika semua muslim di Negara kita ini mempunyai iman seperti anak kecil tadi, tentu tidak ada korupsi di negeri ini.

Wallahu a’lam bis showab…


Kisah Umar Bin Khattab Dan Seorang Anak Penggembala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment