Berita Nasional dan Internasional Terkini

Mengapa Sholat SUBUH Berjamaah Begitu Penting ?

Advertisement


Hampir di setiap masjid yang ada di wilayah saya, jamaah sholat subuh nya selalu hanya satu shof. Itupun kadang tidak penuh. Kecuali kalau bulan Romadhan, hampir selalu penuh. Tapi di luar itu, kondisinya adalah seperti yang saya sebutkan di depan. Sepi.

Padahal jika kita melihat hadis-hadis yang menjelaskan tentang keutamaan jamaah Sholat subuh itu, pastinya kita akan merasa sangat rugi. Salah satu hadis yang sering saya dengar dan saya ingat-ingat adalah :

Mengapa Berjamaah Sholat SUBUH Begitu Penting ?


Shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya dan shalat Subuh. Jika mereka mengetahui apa yang terkandung didalamnya, mereka pasti mendatangi keduanya, meskipun dengan merangkak. "(HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW memang tidak menjelaskan secara gambling apa pahalanya, tapi melihat isi hadis itu menunjukkan sesuatu yang sangat bernilai, yang sayang untuk ditinggalkan. Saking bernilainya, seandainya orang tidak bisa berjalan pun dia akan merangkak!.

Banyak ulama hadis memberikan penjelasan mengenai hadis ini. Diantaranya, untuk melihat apakah seseorang itu beriman atau munafik, perhatikan shalat subuhnya. Jika kita melihat dia di barisan solat Subuh, bolehlah kita katakan bahwa dia benar-benar beriman.
Tapi jika sebaliknya, hatinya sudah terinfeksi virus munafik. Salah satu tandanya adalah seseorang ragu-ragu dengan kebenaran dan keagungan Allah yang bernama Solat Subuh ini.

Dalam hadis juga dikatakan, waktu subuh adalah pengantian malam dan siang dimulai. Pada saat itu juga, malaikat malam dan malaikat siang berkumpul untuk berganti tugas.
"Shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian sebanyak 25 kali lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu shalat subuh. "(HR Bukhari)

"Kemudian naiklah para malaikat yang menyertai kamu pada malam harinya, lalu Rabb mereka yang sebenarnya maha mengetahui bertanya kepada mereka, 'Bagaimana hamba-hambaku ketika kalian meninggalkan mereka?"
Para malaikat menjawab, 'Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat dan kami jumpai mereka dalam keadaan shalat juga. "(HR Bukhari)

Jadi beruntunglah bagi orang yang dapat mendirikan shalat subuh berjamaah di masjid karena disaksikan oleh malaikat, baik malaikat yang bertugas pada malam hari, atau siang hari.

Allah menjelaskan, "Dan dirikanlah shalat Subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh para malaikat, "(Surah al-Isra ', ayat 78)

Bayangkan, jika pada waktu itu malaikat melapor kepada Allah bahwa kita sedang nyenyak tidur dan tidak mengutamakan waktu shalat. Di waktu ini juga lah setan sedang memeluk kita dengan erat sekali sehingga kita terus terlena dan meninggalkan solat subuh.
"Dua rakaat fajar (shalat sunat sebelum atau qabliyah Subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya," (HR Muslim)

Shalat qabliyah Subuh adalah sholat sunnah yang paling banyak pahala. Lebih baik dari segala kebaikan isi dunia.

Coba bayangkan, harta, uang, pangkat jabatan, istri, anak ... semuanya tidak kekal. Yang dulu cantik lama-lama jadi tua, bongkok, keriput dan tidak secantik masa muda. "Segala sesuatu akan binasa," (QS Al-Qashash ayat 88).

Segala dunia dan isinya tidak lebih baik dari shalat sunnah fajar ini. Dalam situasi apa pun, jangan tinggalkan solat sunat Subuh ini karena Rasulullah sendiri memesan dalam situasi apa pun baik dalam perjalanan atau dalam pertempuran, jangan tinggalkan solat sunat Subuh.

Solat Subuh juga dapat menjadi penerang pada Hari Kiamat seperti yang dinyatakan oleh Rasulullah, "Berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang terang benderang pertolongan pada Hari Kiamat" (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Hikmah solat Subuh begitu hebat karena ia adalah shalat yang paling sulit dikerjakan pada awal waktu. Banyak diantara kita yang memilih untuk tidur di kasur empuk dan berselimut hangat. Seorang pemimpin Yahudi pernah mengatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali dengan satu hal, yaitu bila jumlah jamaah salat subuh sama dengan jumlah jamaah salat Jumat.

Umat ​​yang menjaga shalat Subuh berjamaah adalah umat yang berhak berdiri kokoh di muka bumi. Sementara Umat yang melalaikan shalat Subuh berjamaah adalah umat yang tidak berhak mendapatkan kesuksesan.

Mari berjamaah Subuh…

Mengapa Sholat SUBUH Berjamaah Begitu Penting ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...