Berita Nasional dan Internasional Terkini

10 Fakta Menarik Tentang Semut Yang Mungkin Anda Belum Tahu

Advertisement

Anda pasti sudah sering ketemu dengan hewan kecil ini. Semut. Ya, dia ada di mana-mana dan kadang terasa mengganggu. Tapi pernahkah Anda mengambil waktu sejenak mengamati hewan kecil ini ?. Pernahkah terpikir untuk mempelajari mereka ? Yang pasti memang semut ini kecil tetapi mereka berhasil melakukan pekerjaan yang begitu hebat dan jauh lebih besar dari mereka dan ada beribu juta semut di seluruh alam ini . Mau tahu fakta menarik tentang semua ? Silahkan terus membaca…

10 Fakta Menarik Tentang Semut Yang Mungkin Anda Belum Tahu

1 . Semua memiliki 6 kaki , masing-masing dengan 3 sambungan kepadanya .

2 . Hampir 13.000 spesies semut yang berbeda ada di dunia ini yang dapat dikelasifikasikan walau pun para ilmuwan berpendapat ada lebih 20.000 spesies semut semuanya .

3 . Semut menggunakan antenanya untuk menyentuh sesuatu , namun antena mereka juga merupakan indera kontak dan rasa mereka .

4 . Masa hidup  semut biasanya antara 40-60 hari .

5 . Semut juga " berperang " sesama mereka dan berperang dalam skala yang besar . Peperangan biasanya melibatkan seluruh koloni semut dengan koloni - koloni yang lain yang menyebabkan jumlah kematian semut mencapai jutaan semut .

6 . Semut Amazon kadang - kadang dijuluki " Semut Lanun " atau " Semut Pengambil Hamba " karena mereka dikatakan menyerang sebuah koloni semut lain dan mengambil semut yang kalah sebagai hamba untuk dijadikan " semut pekerja " dalam membangun sarang dan juga dalam mencari makanan untuk mereka.

7 . Koloni semut terbesar di dunia dibangun oleh " Semut Argentina " . Koloni mereka melampaui jarak ratusan mil ( atau kilometer ) dan terdiri dari ratusan jalinan dan susunan sarang semut yang berbeda .

8 . Umumnya semut yang kita temui di dalam rumah atau area rumah kita ada jenis " semut tukang rumah " . Mereka menggemari tempat - tempat yang lembab seperti kayu atau papan dinding rumah yang lembab untuk didiami biasanya setelah hujan .

9 . Sebagaimana para ilmuwan telah mempelajari dan menemukan sebuah koloni semut hanya diperintah oleh seekor " Ratu Semut " saja , dan tidak pernah ada dalam penelitian menunjukkan lebih dari satu " ratu semut " yang memerintah .

10 . Beberapa spesies semut bersedia membela serangga - serangga yang lain , sama seperti manusia membela hewan lain seperti ayam dan sapi . Sangat jarang serangga belaan ini dibunuh untuk dijadikan makanan mereka . Kebanyakan hewan belaan ini digunakan untuk menemukan dan membawa pulang makanan untuk mereka .


Itulah 10 fakta menarik tentang semut yang bisa menambah pengetahuan kita tentang makhluk kecil ini. Semoga bermanfaat. (panduanpercuma)

10 Fakta Menarik Tentang Semut Yang Mungkin Anda Belum Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...