Berita Nasional dan Internasional Terkini

Amalan-Amalan Pada Malam Nisfu Sya'ban

Advertisement

Pada malam Nisfu Sya'ban hendaknya kita ambil kesempatan emas ini dengan cara menghidupkan malamnya dengan ibadah. Sebelum itu, pada siangnya sebaiknya berpuasa terlebih dahulu. Ketika selesai shalat Maghrib, disunatkan solat sunat dua rakaat. Setelah itu, hendaklah dibaca surah Yaasin sebanyak tiga kali dengan niat yang beragam sebagaimana yang akan dijalaskan nanti.



Disunatkan juga memperbanyak istighfar dan bertobat dari segala dosa dan meminta pengampunan dari Allah SWT untuk kedua orang tua serta keluarga di samping memperbanyak bacaan Al-Quran, bertasbih, bershalawat dan melakukan shalat-shalat sunnah.

Selain itu, disunatkan juga memperbanyak doa karena malam Nisfu Sya'ban adalah malam yang paling mustajab dan penuh rahmat.

Rasulullah SAW bersabda: artinya

"Ada lima malam yang tidak ditolak permintaan (doa) yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, dua malam yaitu malam Idul Fitri dan malam Hari Raya Idul".

Di dalam kitab Durratun Nasihin dinyatakan hadits yang artinya:

"Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Sya'ban dan berkata:" Wahai Muhammad, pada malam ini pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat sedang di buka, maka bangunlah dan dirikanlah salat, kemudian angkat kepalamu dan kedua tanganmu ke langit. "Aku (Rasulullah) bertanya:" Wahai Jibril, apakah gerangan malam ini? "Jibril menjawab:" Pada malam ini telah di buka 300 pintu rahmat, maka Allah SWT mengampun semua orang yang tidak menyekutukanNya dengan sesuatu melainkan (yang tidak diampuni) adalah tukang sihir, tukang tilik nasib, orang yang sangat suka bermusuhan, peminum alkohol, pelacur, orang yang makan riba, orang yang durhaka kepada kedua orang tua, orang yang suka mengadu domba, dan orang yang memutuskan silaturrahim. Maka sesungguhnya mereka tidak akan bertobat dan meninggalkan pekerjaan maksiatnya ".

Di antara Peristiwa di Bulan Sya'ban

1. Malam Nisfu Sya'ban pada 14 Sya'ban. Keagungan malam Nisfu Sya'ban seumpama keagungan Rajab dengan malam Isra 'Mikrajnya dan keagungan Ramadhan dengan Lailatul Qadarnya.
2. Terjadi Pertukaran qiblat dari Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis ke Ka'bah di Masjidil Haram, Mekah pada 15 Sya'ban.
3. Terjadi perang Bani Mustalik pada bulan Sya'ban tahun kelima hijrah. Kemenangan berpihak kepada Islam
4. Perang Badar yang terakhir pada tahun keempat Hijrah.

Bacaan Yaasin Pada Malam Nisfu Sya'ban

Pada malm Nisfu Sya'ban, disunatkan membaca Surah Yaasin sebanyak tiga kali berturut-turut dengan niat doa yang beragam sebagaimana berikut:

1. Bacaan Yaasin yang pertama memohon supaya Allah SWT memperpanjang umur di dalam ketaatan kepadaNya dan selalu beramal saleh.

2. Bacaan kali kedua memohon supaya di tolak segala bala 'dan bencana yang bakal menimpa.

3. Bacaan kali ketiga memohon supaya kita tidak berhajat melainkan kepada Allah SWT dan memohon agar dimurahkan rezeki yang halal.


Setiap kali selesai membaca Yaasin, hendaklah membaca doa ini:


Amalan-Amalan Pada Malam Nisfu Sya'ban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment