Berita Nasional dan Internasional Terkini

15 Buah-Buahan Penawar Berbagai Penyakit

Advertisement

Suka makan buah-buahan? Selain rasanya yang enak, buah sebenarnya mengandung khasiat yang tinggi untuk kesehatan. Ia diperkaya dengan zat mineral yang memiliki nilai medis dan mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Diantara buah obat berbagai penyakit adalah seperti berikut: -

1. Nanas obat penyakit batu karang

Jus nanas adalah sejenis minuman yang lezat dan baik untuk kesehatan, terutama untuk mengatasi kekeringan di bagian bibir dan kulit muka. Nanas merupakan ramuan penting dalam pengobatan tradisional. Ia melancarkan perjalanan haid serta efektif mengatasi masalah-masalah pencernaan, kandung kemih, cacing dan kelesuan. Ia juga merupakan penawar yang penting untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Kebiasaan meminum jus nanas terbukti efektif untuk mengatasi masalah kencing tidak tuntas karena kandungan enzimnya yang tinggi.
Coba ini: Jus semangka nanas



2. Delima hilangkan masalah cacing

Kulit buah delima mengandung asam tannin yang sangat efektif untuk menghilangkan masalah cacing di kalangan anak-anak, termasuk cacing gelang, cacing peniti dan cacing kerawit. Selain dari asam tannin, delima yang dikenal sebagai Punica granatum dari segi ilmiah, juga mengandung zat besi, kalsium, fosfor, sodium, potasium, magnesium, vitamin A dan vitamin C yang efektif meredakan diare yang kronis, termasuk diare berdarah dan enteritis atau pembengkakan usus.

3. Pisang mengobati kudis dan luka

Dalam pengobatan tradisional, getah pisang merupakan obat yang mujarab untuk menyembuhkan luka. Dengan menyapukan getah pisang pada luka, darah akan berhenti mengalir dan lukanya akan cepat kering. Kudis juga dapat diobati dengan mudah menggunakan kulit pisang.

4. Mangga penawar penyakit hernia

Hernia atau burut yaitu sejenis penyakit yang menyebabkan isi perut turun ke bawah dan kantung kemaluan menjadi bengkak, ulu hati terasa pedih dan sakit setiap kali setelah makan, dapat diobati dengan menerapkan konsumsi jus mangga. Minuman itu, yang kaya dengan berbagai zat mineral termasuk vitamin A dan C akan bertindak melancarkan peredaran darah. Mengingat jus mangga memiliki kandungan gula yang tinggi, ia kurang cocok untuk mereka yang menderita penyakit diabetes, hipoglikemia dan kandidiasis atau infeksi jamur.

5. Belimbing mengobati diabetes

Belimbing dapat menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes dan cocok dikonsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi, gingivitis atau radang gusi.

6. Lemon efektif mengobati tonsilitis



Tonsilitis atau penyakit radang amandel dibagian kerongkongan akibat serangan kuman bakteri streptokokus. Ia dapat di rawat dengan berkumur menggunakan jus lemon sebelum diminum. Lemon yang kaya dengan vitamin C serta zat besi, patasium, kalsium dan fosfor efektif merangsang sistem kekebalan untuk membunuh kuman streptokokus. Serabut atau bulu-bulu putih yang ada di sebelah dalam kulit lemon dan jeruk-jeruk sitrus yang lain mengandung bioflavonoid yang berkhasiat untuk kesehatan. Jadi serabut itu harus dikikis dari kulit kemudian dicampur dengan isi lemon sebelum digiling halus.

7. Pala meredakan perut kembung

Pala sejenis buah lokal yang bernilai tinggi dalam nilai medis. Kulit arinya merupakan bahan utama untuk membuat minyak sapu atau apa yang disebut salep untuk meringankan masalah kembung dan gangguan pencernaan perut, sakit kepala, pilek, disengat serangga dan lenguh-lenguh sendi. Ia juga dikatakan dapat merangsang nafsu syahwat. Bijinya pula mengandung sejenis minyak yang berkhasiat yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat minyak panas untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

8. Pinang dengan berbagai khasiat



Buah dan biji pinang bernilai tinggi dari segi medis. Biji pinang dikunyah bersama daun sirih seperti yang lazimnya dilakukan oleh orang-orang tua sebagai salah satu kiat untuk memperkuat gusi serta menghilangkan masalah mulut berbau busuk. Namun, praktek memakan terlalu banyak pinang dapat membahayakan kesehatan. Biji pinang juga mengandung zat yang dapat mencegah kanker. Sabutnya pula digunakan oleh masyarakat zaman dulu untuk mengobati diare. Ia juga efektif untuk mengobati penyakit kulit seperti panu.

9. Pisang kaki (Persimmon) turunkan tekanan 
tinggi

Buah yang berbentuk bulat, berisi ranggup dan berbiji ini mengandung vitamin C, glukosa, sukros, fruktos dan yodium yang bernilai tinggi dari segi medis. Ia sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah koronori, mengatasi masalah sembelit dan meredakan sedu.

10. Sengkuang cina obat bronkitis

Bronkitis adalah sejenis penyakit radang tenggorok, yaitu saluran udara di bagian tenggorokan. Penyakit ini menyebabkan selaput pada cabang tenggorokan menjadi merah dan bengkak. Dalam dunia pengobatan tradisional, sengkuang cina merupakan penawar untuk meringankan penyakit bronkitis yang kronis. Rasanya manis dan menyejukkan serta enak dimakan untuk meredakan demam, pilek dan batuk.

11. Ciku penawar buang air berdarah

Masalah sembelit dapat terjadi jika makanan yang dimakan tidak dicerna dengan baik, kurang memakan buah dan sayuran serta kurang minum air. Kondisi ini jika dibiarkan dapat membawa dampak yang lebih buruk, antaranya buang air berdarah atau wasir. Satu cara dalam metode pengobatan tradisional adalah dengan menggunakan buah ciku. Cara yang lebih efektif untuk mengobati buang air berdarah adalah dengan memakan buah ciku yang belum cukup tua, yaitu dengan menumbuk sampai lumat dan dicampur dengan sedikit air panas dan garam. Sebaiknya dilakukan sebelum sarapan pagi.

12. Berbagai khasiat semangka

Semangka dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya sakit kepala, penyakit paru-paru dan masalah kulit. Jus melon pula memberi energi dan kekuatan dikalangan orang-orang tua serta mengembalikan sistem tubuh yang lemah bagi mereka yang baru saja sembuh dari penyakit atau operasi.

Penyakit artritis, gout serta keracunan uremik terjadi akibat kehadiran asam urat yang berlebihan. Jus semangka dapat membantu menyembuhkan penyakit-penyakit ini dengan menghilangkan efek toksik dalam tubuh. Kehadiran asam yang berlebihan dalam darah dapat diatasi dengan menerapkan konsumsi jus melon karena dapat bertindak membantu melancarkan aliran darah.

13.Avokado Hindarkan Nyeri Tulang dan Sakit Jantung

Alpukat sangat efektif untuk mengatasi masalah kekurangan gizi dan menambah berat badan khususnya dikalangan anak. Ia juga efektif sebagai pelumas alami untuk memungkinkan sendi-sendi tulang bergerak bebas terutama di bagian leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut dan pergelangan kaki berikutnya menghindarkan penyaki lenguh-lenguh tulang. Kebiasaan memakan buah alpukat pada setiap hari dapat menurunkan kolesterol disamping menjaga kadar lipoprotein, sejenis kolesterol yang baik untuk menghindarkan seseorang dari serangan jantung.

14. Pepaya hindarkan sembelit

Pepaya efektif mengobati hemoroid atau wasir dan sembelit. Di Ghana itu digunakan untuk mengobati tumor sementara pucuknya bisa mengobati penyakit tekanan darah tinggi. Pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati tumit pecah-pecah yang bisa menyebabkan kaki terasa sakit. Salah satu pengobatan tradisional untuk mengobati masalah ini adalah dengan menggunakan buah pepaya muda yang dibelah dua kemudian diambil getahnya dan sapu bagian tumit yang pecah.

15. Kurma hindari batuk


Jus kurma efektif untuk mengatasi masalah batuk. Gula dalam buah kurma bertindak menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan dan sekaligus menghilangkan batuk. Kurma juga dapat digunakan untuk menggantikan gula atau madu untuk tujuan menghilangkan efek mabuk dan bertindak sebagai penawar racun

15 Buah-Buahan Penawar Berbagai Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment