Berita Nasional dan Internasional Terkini

Tanda-Tanda Penyakit Kanker Paru-Paru Yang Perlu Diwaspadai

Advertisement

Tanda-Tanda Penyakit Kanker Paru-Paru | Kanker paru-paru adalah tumor ganas (malignant tumour) pada paru-paru. Umumnya adalah bronchogenic carcinoma (sekitar 90%). Kanker paru-paru adalah tumor ganas yang paling bahaya di seluruh dunia dan  menyebabkan sampai 3 juta kematian per tahun.

Tanda-Tanda Penyakit Kanker Paru-Paru Yang Perlu Diwaspai


Paparan karsinogen, seperti yang ada pada asap tembakau, dapat menyebabkan perubahan kecil pada selaput jaringan pada bronkus di paru-paru (bronchial mucous membrane). Efek ini terhimpun, dan paparan akan menyebabkan lebih banyak jaringan rusak sehingga tumor terbentuk.

Jika tumor tumbuh di dalam mungkin menghalangi jalur udara sehingga menyebabkan kesulitan bernafas. Paru-paru mungkin runtuh dan infeksi terjadi, menyebabkan bisul paru-paru. Pasien akan mulai batuk yang disertai lendir berdarah. Namun jika tumor tumbuh di luar paru-paru, pasien mungkin tidak menyadarinya sampai ia mulai menginfeksi bagian tubuh yang lain.

-Tanda-tanda umumnya adalah:
-batuk darah
-batuk parah yang kronis
-nafas bersiul
-sakit dada
-kehilangan berat badan atau kehilangan selera makan
-pendek nafas.


Kanker paru-paru ditemukan lebih sering terjadi di kalangan penduduk kota berindustri yang selalu terkena berbagai bentuk pencemaran. Dan jarang sekali ditemukan pada penduduk yang berada di kawasan yang jauh dari kota-kota industri. 

Tanda-Tanda Penyakit Kanker Paru-Paru Yang Perlu Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...