Berita Nasional dan Internasional Terkini

Menghisap Shisha Lebih Buruk 400 Kali Dari Rokok

Advertisement

Banyak orang yang mengalihkan kebiasaan dari rokok ke SHISHA, karena mungkin dianggap lebih aman dalam hal kesehatan. Dan menghisap shisha ini kini sudah menjadi trend di kota-kota besar. Bahkan kecenderungannya penggunaan shisha ini semakin popular. Tapi apakah sebenarnya memang Shisha ini lebih aman dari rokok?? Inilah yang perlu kita ketahui bersama.

Menghisap Shisha Lebih Buruk 400 Kali Dari Rokok


Secara umum, shisha menjadi salah satu pilihan masyarakat kota untuk melepaskan stres sambil santai. Padahal itu  bukan kebiasaan yang positif, apalagi ketika kaum remaja termasuk wanita turut terlibat. Karena ternyata Shisha lebih bahaya dibandingkan rokok dari berbagai segi.

Meskipun ada persepsi buruk terhadap penggunaan shisha di kalangan masyarakat umum, segelintir orang masih kecanduan dengan praktek populer dari Asia Barat ini. Kemunculan shisha masih baru di negara ini, namun pengaruhnya cukup menakjubkan. Banyak yang bilang ia lebih aman dari rokok, tetapi ia tidak wajar sama sekali karena kandungan dasar untuk rokok dan shisha adalah sama, yaitu tembakau. Tembakau yang digunakan untuk rokok diasapkan terlebih dulu sementara tembakau yang digunakan untuk shisha difermentasi.

Air dalam shisha tidak dapat menyaring banyak jenis racun dalam asap shisha. Shisha juga mengandung nikotin, karbon monoksida dan lain-lain bahan seperti rokok biasa. Bahkan arang yang digunakan mengendap dalam saluran pernafasan dan meningkatkan masalah paru-paru lebih buruk dibandingkan rokok biasa yang juga berbahaya dari segi bahan pengawet yang digunakan untuk mengawetkan dan merawat tembakau dalam rokok.

Bagi mereka yang menghisap shisha di toko kopi, berbagi pipa shisha bisa menimbulkan  bahaya lain seperti penyakit yang menyebar melalui air liur. Penyakit yang biasa kita dengar, menular akibat berbagi shisha adalah TB (tuberkulosis). Tidak heran jika kasus TB di Mesir menjadi satu hal yang biasa di semua rumah sakit.


Pemerintah tidak putus asa berkampanye mengurangi jumlah perokok. Belum sembuh tentang rokok ada pula shisha yang lebih berat bahayanya. Gejala ini terserah kepada masyarakat untuk menilainya. Kita harus membuat pilihan cerdas untuk menjamin kesehatan diri sendiri. 

Menghisap Shisha Lebih Buruk 400 Kali Dari Rokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...