Berita Nasional dan Internasional Terkini

Penting ! Amalan Agar Terbebas Dari Adzab Kubur

Advertisement


Penting ! Amalan Agar Terbebas Dari Adzab Kubur | Alam Kubur adalah tempat persinggahan kita yang pertama setelah kita mati. Jika di alam kubur kita mendapat nikmat, insyaAllah akan nikmat juga yang kita temui di alam berikutnya. Tapi jika siksa yang kita dapat, maka di alam berikutnya akan lebih menderita lagi. Bagaimana agar kita terhindari dari adzab kubur?

Penting ! Amalan Agar Terbebas Dari Adzab Kubur

Berikut ini adalah amalan yang sohih yang mudah di amalkan agar kita terlepas dari azab kubur. Amalan ini nyata dan datang langsung dari Rasulullah SAW. Di kalangan para ulama juga sudah popular.

Dari Abi Hurairah ra dari Rasulullah saw bersabda: "sesungguhnya di dalam Al-Quran ada 30 ayat yang memberi syafaat kepada pembacanya sampai diberi ampunan untuknya yaitu Surah Al-Mulk" (Tabaarakal-Lazi). "

Dari Annas Ibnu Malik berkata "Nabi saw telah bersabda:" Sesungguhnya orang yang sebelum kamu telah meninggal dan tidak ada bersamanya sedikitpun dari Kitab Allah kecuali "Tabaarakal-Lazi". Maka ketika dimasukkan ke dalam lubang kubur, datanglah kepadanya Malaikat. Maka Surah itu telah menahan wajahnya dan Malaikat berkata pada Surah itu. ‘Sesungguhnya kamu dari Kitab Allah dan saya tidak mau menyusahkan kamu, sesungguhnya saya tidak bisa memberi kepadamu dan kepada dia, dan kepada saya suatu kemadaratan atau kemanfaatan.Sesungguhnya jika kamu ingin memberi manfaat kepada dia (almarhum), maka pergilah menemui Allah SWT Dan mintalah syafaat dariNya’. Maka dia pun (surat al-Mulk) menemui Allah SWT Dan berkata: "Wahai Tuhanku, si fulan ini (almarhum), dia memilih saya dalam Kitab-Mu dan dia pelajari saya dan dia membaca saya, bisakah wahai Allah, Engkau membakarnya dan menyiksanya, padahal saya di dalam dadanya.Maka jika Engkau ingin melakukannya, maka padamlah saya dari Kitab-Mu’. Dan Allah SWT berfirman: "Aku melihat kamu marah." Dia menjawab (surah): ‘Sesungguhnya saya marah’. Allah SWT berfirman: "Pergilah sesungguhnya aku memberi dia kepada kamu dan kamu menjadi syafaat atasnya."

Nabi saw bersabda: "Surat itu datang kepada Malaikat dan memaksanya keluar tanpa melakukan apa-apa kepada si mati.

Maka Surat al-Mulk itu datang dan meletakkan mulutnya ke mulut si mati dan mengucapkan selamat datang kepada mulut yang selalu membacanya dan selamat datang kepada ke dada yang selalu menghafal dan menjaganya dan selamat datang ke dua kaki yang selalu berdiri dan membacanya. Dan Surat itu bersama si mati di dalam kuburnya sehingga dia tidak merasa kesepian. "

Annas mengatakan: "Ketika Nabi saw kabarkan hadis ini maka tidak ada seorang pun yang kecil maupun yang besar, hamba maupun tuan, kecuali dia mempelajari surat ini dan Nabi saw menamakan surah ini Al-Munjiah: Yaitu yang menyelamatkan." (HR. Ibnu Katsir )


Dari Ibnu Abbas ra berkata seorang sahabat Rasulullah saw telah mendirikan tenda di atas kuburan dan ia tidak tahu itu kubur maka di dalam kubur itu terdengar suara bacaan Surah Al-Mulk sehingga khatam. Lalu  ia menemui beliau Rasulullah saw dan berkata: "Wahai Rasulullah saw saya dirikan satu tenda pada satu kuburan dan saya tidak tahu itu kuburan dan saya dengar seorang manusia sedang membaca surah Al-Mulk sampai khatam. "Nabi saw Itulah yang menahan yang menyelamatkan dia dari siksaan kubur. (HR At-Tarmizi)

Dari Jabir r.a. Rasulullah saw tidak akan tidur sampai beliau membaca Alif Laam Mim, Al-Sajadah dan Al-Mulk. (HR At-Tarmizi)

Dan Lais mengatakan dari Thawun bahwa kelebihan dua surah ini 70 kali lebih baik dari setiap surah dalam Al-Quran.

Dan Nabi saw bersabda: "Saya suka kalau surat ini dalam hati tiap insan dari umatku." (HR. Ibnu Katsir).

Marilah kita amalkan dan kita dawamkan (rutin) membaca al-Mulk ini melihat begitu besarnya fadilah yang ada di dalamnya. Menghafalnya pun tidak sulit karena tidak terlalu banyak ayatnya. Jika anda sudah lancer, hanya butuh waktu 5-8 menit untuk membaca surat ini.

Selamat beramal !

Penting ! Amalan Agar Terbebas Dari Adzab Kubur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatiem

0 comments:

Post a Comment

loading...