Berita Nasional dan Internasional Terkini

April Fools Day Dan Sejarah Kelam Umat Islam Di Spanyol

Advertisement


April Fools Day Dan Sejarah Kelam Umat Islam Di Spanyol | Barangkali banyak yang tidak tahu, bahwa perayaan April Fool’s Day atau April Mop berkaitan dengan sejarah keruntuhan di Eropa. Ya, perayaan April Fool’s Day ini dipercaya  mulai dirayakan saat kejatuhan kerajaan Islam di Spanyol. Setelah berkuasa berabad-abad lamanya di Granada Spanyol, pemerintah Islam akhirnya runtuh diserang tentara-tentara Kristen. Penduduk Islam di Spanyol (Moors) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri.

April Fools Day Dan Sejarah Kelam Umat Islam Di Spanyol

Tentara-tentara Kristen bagaimanapun tidak puas dan berusaha untuk menghapus dan menghabiskan orang-orang Islam dari Spanyol. Penduduk Muslim ini, diberitahu bahwa mereka bisa berlayar keluar dari Spanyol dengan selamat bersama dengan barang-barang kebutuhan mereka dengan menggunakan kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan.

Orang-orang Muslim yang khawatir jika penawaran tersebut merupakan suatu penipuan, akhirnya pergi ke galangan untuk melihat kapal-kapal yang dimaksud. Setelah puas, mereka membuat persiapan untuk berangkat.

Keesokan harinya (1 April), mereka mengambil semua barang yang telah dikemas lalu menuju ke pelabuhan. Pada waktu inilah, pihak Kristen mengambil kesempatan menggeledah dan membakar rumah penduduk muslim itu. Mereka juga tidak sempat naik kapal karena semuanya telah musnah dibakar.

Pihak Kristen kemudian menyerang kaum Muslimin dan membunuh semuanya baik pria, wanita maupun anak-anak kecil.

Peristiwa berdarah yang menyedihkan ini kemudian dirayakan oleh tentara Kristen. Kemenangan ini dirayakan setiap tahun bukan saja di Spanyol tetapi juga di seluruh dunia sebagai April Fool’s Day atau April Mop.

Yang menyedihkan, banyak orang Islam yang ikut-ikutan  merayakan April Fool’s Day tanpa menyadari mereka sebenarnya merayakan ulang tahun pembantaian massal saudara seiman mereka sendiri. Na’uudzubillah min dzalik…

April Fools Day Dan Sejarah Kelam Umat Islam Di Spanyol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...