Berita Nasional dan Internasional Terkini

5 Pertanyaan Yang Kita Tahu Jawabannya Tapi Tidak Pasti Bisa Menjawabnya

Advertisement


5 Pertanyaan Yang Kita Tahu Jawabannya Tapi Tidak Pasti Bisa Menjawabnya. Kematian adalah sesuatu yang paling pasti di dunia. Setiap yang hidup akan mati, dan setiap yang mati akan dibangkitkan saat hari kiamat nanti dan dikumpulkan di Padang Masyar. Apakah kita termasuk ahli surga atau golongan ahli neraka. Kita yang tentukan apakah di surga atau di neraka setelah kehidupan di alam barzakh.

Ketika di alam kubur, setiap orang yang mati akan didatangi oleh malaikat Munkar dan Nakir. Setiap muslim yang hidup di dunia ini pastinya sudah tahu apa pertanyaan-pertanyaan  yang akan ditanya dan semua jawaban tersebut telah kita ketahui. Yang kita tidak ketahui adalah dapatkah kita menjawab semua pertanyaan yang ditanya oleh Malaikat Munkar dan Nakir.

5 Pertanyaan Yang Kita Tahu Jawabannya Tapi Tidak Pasti Bisa Menjawabnya

Rasulullah saw bersabda: "Bila si mati dikuburkan, datanglah dua Malaikat hitam legam, lagi biru (matanya), salah satu di antaranya disebut dengan nama" Munkar "dan yang satu lagi disebut dengan nama" Nakir ", (lalu keduanya mendudukkan si mati itu setelah dikembalikan rohnya ke dalam jasadnya). Kemudian mereka bertanya: Apa yang pernah engkau katakan tentang orang ini (Muhammad saw)?

Dan pada satu riwayat dari Abu Daud:

Mereka bertanya: Apa yang pernah  engkau  sembah?

Maka kalau Allah memberi petunjuk, ia akan menjawab dengan berkata: Aku menyembah Allah!

Kemudian ia ditanya lagi: Apa yang engkau pernah katakan tentang orang ini (Muhammad saw)?

Dan pada satu riwayat yang lain, Abu Daud juga:

Mereka menanyainya dengan berkata: Siapa Tuhanmu?

Ia menjawab: Tuhanku adalah Allah!

Mereka bertanya lagi: Apa agama mu?

Ia menjawab: Agamaku adalah Islam!

Mereka bertanya lagi: Siapa dia orang yang telah diutus di antara kalian?

Maka kalau si mati seorang yang beriman, ia akan menjawab dengan berkata: Orang itu (Muhammad saw) adalah hamba Allah dan RasulNya, aku mengetahui dan meyakini bahwa sesungguhnya tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad itu adalah hamba Allah dan RasulNya!
Mereka berkata kepadanya: Kami mengetahui bahwa engkau mengakui itu.

Dan pada satu riwayat Abu Daud bahwa Beliau bersabda: "Lalu diseru oleh penyeru dari langit katanya: Sungguh benar hamba-Ku, maka bentangkanlah kepadanya satu hamparan dari surga, dan pakaikanlah dia pakaian dari surga, serta bukakanlah baginya sebuah pintu ke surga. "

Bersabda lagi: "Lalu datang kepadanya sebagian dari bau surga dan keharumannya; kemudian dilapangkan kuburnya seluas tujuh puluh hasta persegi, dan diberikan cahaya yang menerangi kuburnya; kemudian dikatakan kepadanya: Tidurlah! Lalu ia berkata: Dapatkah aku balik ke keluargaku supaya dapat aku ceritakan kebaikan keadaanku?

Dua malaikat itu berkata kepadanya: Tidurlah seperti tidurnya pengantin yang tidak dibangkitkan dari tidurnya melainkan sekasih-kasih anggotanya; demikianlah sehingga ia dibangkitkan Allah dari tempat baringnya itu.

Jika si mati itu seorang munafik, ia menjawab pertanyaan Malaikat itu dengan berkata: Aku dengar orang berkata demikian, maka aku pun turut berkata sama; aku tidak tahu benarkah atau tidak.

Lalu dua malaikat itu berkata: Memang kami tahu engkau berkata demikian.

Dan menurut satu riwayat Abu Daud: Lalu diserukan penyeru dari langit katanya: Sesungguhnya orang itu berdusta maka bentangkanlah kepadanya satu hamparan dari neraka, dan pakaikanlah dia pakaian dari neraka, dan bukakanlah baginya sebuah pintu ke neraka.

Rasulullah s.a.w. bersabda lagi: "Lalu datang kepadanya sebagian dari panas neraka dan udara panas; kemudian diperintahkan bumi agar mengapitnya lalu bumi mengapitnya sehingga berselisih tulang-tulang rusuknya, maka tinggallah ia dibinasakan itu terus menerus ke masa Allah bangkitkan dia dari kuburnya." (Abu Hurairah ra)

Subhanallah…semoga kelak kita diberi kemudahan oleh Allah dalam menjawab pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir. Amin…

5 Pertanyaan Yang Kita Tahu Jawabannya Tapi Tidak Pasti Bisa Menjawabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...