Berita Nasional dan Internasional Terkini

Hati-Hati ! Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Berbahaya Lho…

Advertisement

Banyak yang beranggapan minum air dalam jumlah yang lebih banyak adalah lebih baik untuk tubuh mereka. Namun, banyak juga yang tidak mengetahui efek bahaya jika seseorang itu minum air secara berlebihan dari kebutuhan tubuh mereka

Minum air terlalu banyak berbahaya dan terbukti dapat mematikan. Kondisi yang disebabkan minum air terlalu banyak disebut keracunan air (water intoxication).Kebanyakan orang selamat untuk minum 6-8 gelas air sehari, tapi bukan semua. Minum terlalu banyak air dalam satu waktu dapat mengurangi elektrolit dalam tubuh seperti garam sodium.

Hati-Hati ! Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Berbahaya Lho…


Pengambilan air terlalu banyak dalam suatu waktu yang menyebabkan kehilangan sodium disebut hyponatremia, yang mana dapat merusak sel karena tekanan. Tanda-tanda tertentu muncul dengan cepat seperti mual dan muntah-muntah. Sakit kepala juga bisa terjadi ketika otak mulai membengkak. Tindak lanjut dari tanda-tanda tersebut termasuk kejang dan koma. Kasus-kasus yang tidak diobati dapat menyebabkan kematian.

Apa sebenarnya yang terjadi ketika minum air melebihi kebutuhan?

Minum air lebih dari yang diperlukan meningkatkan jumlah volume darah. Peningkatan volume darah meningkatkan beban kerja pada jantung dan tekanan pada pembuluh darah. Ginjal bekerja lebih untuk menyaring air berlebihan. Sistem penyaringan di ginjal melalui kapiler yang disebut glomeruli. Glomeruli dapat rusak karena bekerja lebih. Ginjal akan berupaya untuk membuang air berlebihan. Air berlebihan dibuang bersama elektrolit.

Dalam waktu yang sama tubuh berusaha untuk seimbangkan elektrolit dalam tubuh, di dalam darah dan sel-sel. Air akan meresap ke dalam sel dan menyebabkan sel menjadi bengkak dan seterusnya pecah. Jika pembengkakan terjadi dalam otak, Anda akan mengalami tekanan intrakranial dan selanjutnya menyebabkan gejala-gejala berikut terjadi mulai dari sakit kepala.

 Berapa banyak air yang dibutuhkan?

Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya tergantung pada banyak faktor termasuk diet, aktivitas harian, tingkat kesehatan dan lingkungan. Mereka yang banyak makan makanan berair seperti sayur dan buah tidak membutuhkan air yang banyak. Mereka yang bekerja berat membutuhkan air yang lebih dibandingkan mereka yang bekerja di kantor. Mereka yang duduk di kutub utara kurang membutuhkan air dibandingkan yang duduk di gurun sahara.
  
6-8 gelas air sehari cuma satu referensi rata-rata. Belum tentu Anda membutuhkan sebanyak itu atau mungkin tidak cukup untuk seorang yang aktif berolahraga dan sebagainya. Rasa haus tidak selalu menunjukkan Anda membutuhkan air. Mungkin karena mulut kering. Minumlah air apabila dirasakan perlu. Tidak ada penelitian membuktikan minum air sebelum makan mengurangi selera makan tetapi ada penelitian menunjukkan minum air saat makan atau makan berulam air dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak efisien dan selanjutnya menyebabkan makanan disimpan.


Tahukah Anda bahwa jika Anda minum air tetapi selalu kehausan, ada kemungkinan kadar gula darah Anda tinggi. Segeralah periksa ke dokter.

Hati-Hati ! Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Berbahaya Lho… Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment