Berita Nasional dan Internasional Terkini

Doa Menyambut Bulan Rajab Dan Kelebihan Bulan Rajab

Advertisement


Doa bulan Rajab | Mengingatkan saja bahwa hari ini kita (11 Mei 2013) kita sudah memasuki bulan Rajab. Artinya dua bulan lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Bulan yang sangat kita nanti-nantikan kedatangannya. Tentu semua orang menginginkan bertemu dengan bulan Ramadhan agar bisa beribadah di dalamnya.



Ada tuntunan doa dari Rasulullah SAW berkaitan dengan datangnya bulan Rajab ini. Yaitu ketika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa:

الّلهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِى رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan…” HR. Ahmad dan Tabrani dari Anas.


Apa kelebihan bulan  Rajab ini?. Bulan Rajab merupakan salah satu dari 4 bulan haram  dalam Islam.

Allah berfirman, "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. "(QS At-Taubah: 36)

4 bulan Haram yang dihormati itu adalah: Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Umat ​​Islam dilarang berperang dalam bulan-bulan ini kecuali jika mereka terancam. Termasuk juga tidak boleh melakukan dosa, sebab pada bulan ini tentu doa akan dilipatgandakan siksanya.

Amalan yang sunat dilakukan pada bulan ini adalah puasa. Al Allamah Ibnu Hajar menulis, telah meriwayatkan oleh Abi Daud bahwa Nabi (صلى الله عليه وسلم)  mensunatkan berpuasa di bulan-bulan Haram.

Doa Menyambut Bulan Rajab Dan Kelebihan Bulan Rajab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment