Berita Nasional dan Internasional Terkini

5 Cara Efektif Mendidik Anak Yang Baik

Advertisement


Menjadi orang tua memang tidak mudah. Orang tua secara hakiki tentu saja, bukan hanya orang tua secara biologis. Ada tugas besar bagaimana menyiapkan generasi penerus yang berkualitas, yang mampu menjadi manusia sempurna (al-Insan al-Kamil). Tapi kebanyakan kita, juga para orang tua ‘pemula’, banyak yang asal-asalan dalam membesarkan anak mereka.

Berikut ini ada beberapa 5 cara diantara ribuan cara bagaimana mendidik anak kita dengan baik. Semoga ini bisa sedikit menjadi panduan kita dalam mendidik calon generasi unggulan di masa mendatang.

5 Cara Mendidik Anak Yang Baik

1) Perbanyak pujian dari teguran

Jangan membesar-besarkan kesalahan anak-anak kita, sedangkan sifat baik mereka tidak langsung kita beri puji. Kita begitu pelit memuji anak kita. Menegur bukan satu-satunya cara untuk memperbaiki kesalahan anak-anak. Sebaliknya, cara menegur yang salah membuat anak-anak menjadi orang yang pantang ditegur

2) Membedakan kesalahan sengaja dan tidak sengaja

Jangan hukum kesalahan yang tidak disengaja. Jika kesalahannya disengaja, beri teguran yang membangun. Lalu setelah itu baru bisa diberi peringatan jika kesalahan yang disengaja itu diulang lagi.

3) Menumbuhkan rasa bersalah pada anak-anak

Tampakkan pada mereka akibat buruk jika melakukan kesalahan. Cara ini akan menghadirkan rasa bersalah dalam diri mereka. Dengan tumbuhnya rasa ini, dia akan berhati-hati melakukan sesuatu dan menghindari sebuah kesalahan atau perbuatan jahat.

4) Miliki standar yang sama

Pastikan anda berdua (ayah-ibu) memiliki standar nilai yang sama. Sebab jika tidak, anak akan menjadi bingung mau mengikuti yang mana. Ibu bilang ‘ini tidak baik’, sementara ayah bilang ‘ ini tidak apa-apa’. Jangan berdebat di depan anak.

5) Bedakan nakal dengan jahat

Nakal dan jahat berbeda lho. Kenakalan anak misalnya mencoret dinding, menjerit atau memanjat. Bawa mereka ke taman rekreasi agar mereka dapat lebih aktif. Sementara anak-anak yang jahat adalah ketika mereka suka berbohong atau dengki. Perbuatan yang jahat harus lebih diperhatikan dibandingkan perbuatan nakal.

Itulah 5 cara mendidikan anak yang baik yang bisa saya bagi kali ini, semoga bisa menjadi panduan awal bagi para orang tua baru seperti saya.

5 Cara Efektif Mendidik Anak Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment