Berita Nasional dan Internasional Terkini

Beberapa Keajaiban Air Mata Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Advertisement


Semua orang pasti pernah menangis, sekuat apapun dia. Paling tidak dulu ketika dilahirkan ke dunia. Dan ketika menangis itulah kita mengeluarkan air mata. Kalau terlalu lama menangis memang bisa membuat mata bengkak. Tapi jangan salah, ternyata menangis dan air mata sangat bermanfaat lho buat kesehatan fisik dan mental kita.

Mari kita lihat beberapa keajaiban air mata di bawah ini :

Beberapa Keajaiban Air Mata Yang Tidak Banyak Orang Tahu

  • Membantu Penglihatan

Seperti halnya tubuh, mata kita juga bisa mengalami dehidrasi. Akibatnya pandangan akan menjadi kabur. Nah…air mata yang keluar akan menghindarkan mata kita dari dehidrasi.

  • Membunuh Bakteri

Air mata ternyata bisa berfungsi sebagai antibiotic juga. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal pada keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

  • Meningkatkan Mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan kadar emosi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam mengatur sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

  • Mengeluarkan Racun

William Frey, seorang ahli biokimia telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar  karena menangis emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya dari mata kita.

  • Mengurangi Stres

Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leusin-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi.

  • Membangun Komunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga membantu seseorang untuk bangun dengan semangat dan azam baru. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya pada teman-temannya atau seseorang yang memberikan bantuan, dan hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan lebih tenang.

  • Membuat Lega Perasaan

Anda pasti pernah merasakan hal ini. Ketika datang masalah dan cobaan, lalu anda menangis, maka sesudahnya akan merasa sangat lega. Setelah menangis, sistem dalam tubuh, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiran anda dengan menangis, jangan dipendam karena Anda akan menjadi lebih baik sesudahnya.

Itulah beberapa keajaiban air mata yang tidak banyak kita ketahui. Karena itu jika anda jarang menangis, cobalah untuk menangis. Jika tidak ada hal yang bisa membuat anda menangis, cobalah bangun malam dan sholat tahajjud. Renungi dosa-dosa kita dengan istighfar di keheningan malam…maka kita akan menangis.

Beberapa Keajaiban Air Mata Yang Tidak Banyak Orang Tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...