Berita Nasional dan Internasional Terkini

15 Hikmah Dan Kelebihan Sujud Dalam Sholat

Advertisement

Satu hal yang harus diyakini oleh setiap muslim adalah bahwa setiap perintah syariat yang datang dari Allah dan RasulNya pasti mengandung suatu kebaikan yang biasa disebut hikmah syariah. Sebaliknya setiap larangan, tentu ada keburukan yang akan timbul akibat melakukannya.

Kali ini mari kita bahas satu bagian dari rukun dalam Sholat yang biasa kita kerjakan, yaitu Sujud. Barangkali banyak yang tidak tahu tentang hikmah dan kelebihan sujud ini, tapi para ilmuwan sudah melakukan serangkaian penelitian tentang manfaat dari sujud ini.

15 Hikmah Dan Kelebihan Sujud Dalam Sholat

Dan inilah 15 hikmah dan kelebihan sujud dalam sholat:

  1. Memperbaiki posisi ginjal yang keluar sedikit dari tempat asalnya.
  2. Memperbaiki kandung peranakan (rahim)yang jatuh.
  3. Meredakan sakit hernia.
  4. Mengurangi sakit nyeri saat haid.
  5. Melegakan paru-paru dari ketegangan.
  6. Mengurangi rasa sakit bagi penderita apendiks atau limpa. Kedudukan sujud ini  adalah yang paling baik untuk menyeimbangkan daerah bagian belakang tubuh.
  7. Meringankan bagian pelvis.
  8. Memberi dorongan supaya mudah tidur.
  9. Menggerakkan otot bahu, dada, leher, perut serta punggung ketika akan sujud dan bangun dari sujud. Gerakan otot ini akan membuat ototnya lebih kuat dan elastis secara alami dan ia juga akan memperlancar peredaran darah.
  10. Bagi wanita, gerakan otot itu membuat buah dadanya menjadi lebih baik, mudah berfungsi untuk menyusui dan terhindar dari sakit payudara.
  11. Sujud juga mampu mengurangi kegemukan.
  12. Pergerakan bagian otot sewaktu sujud juga dapat memudahkan wanita bersalin. organ peranakan mudah kembali ke tempat asal serta terhindar dari sakit kram perut. (Convulsions). Makanya perempuan hamil yang sungsang dianjurkan banyak nungging.
  13. Organ terpenting yaitu otak kita juga akan menerima banyak pasokan darah dan oksigen.
  14. Menghindari pendarahan otak jika tiba-tiba menerima pompa darah ke otak secara kuat dan mendadak serta terhindar dari penyakit pembuluh darah dan sebagainya. Dari segi psikologis, sujud membuat kita merasa rendah diri di hadapan Yang Maha Pencipta sekaligus mengikis sifat sombong, riya’, takbur dan sebagainya.
  15. Sementara dari sudut medis pula, efek sujud yang lama akan menambah kekuatan aliran darah ke otak yang bisa menghindarkan diri dari  pusing dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akal pikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang.

Untuk itu marilah kita bersama-sama melakukan sujud seperti yang dianjurkan Nabi, yaitu memanjangkan sujud. Artinya bukan memanjangkan badannya, tapi memanjangkan waktu sujud. Karena sujud dengan lama dalam shalat terutama dalam shalat sunat yang sendirian adalah dianjurkan di dalam Islam.

15 Hikmah Dan Kelebihan Sujud Dalam Sholat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...