Berita Nasional dan Internasional Terkini

13 Golongan Orang Yang Doanya Mustajab

Advertisement

Doa adalah senjata bagi orang mukmin. Orang mukmin yang sedang dalam keadaan sulit atau kepepet, pastinya hanya Allah sajalah tempat meminta pertolongan. Bukan kepada yang lain. Karena memang hanya Allah yang akan mengabulkan permohonan hambanya. Allah berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya:

"Berdoalah kepada-KU, pasti Aku kabulkan doamu." [Al-Mukminun: 40: 60].

Tapi kadang kita sudah berdoa tapi rasanya Allah belum mengabulkan doa kita. Mungkin kita bukan termasuk orang yang doanya mustajab. Jika memang betul, boleh saja kita meminta orang lain yang mustajab doanya untuk mendoakan kita.



Ada 13 kelompok orang yang sangat mustajab doanya, yaitu:

1. Seorang Muslim yang mendoakan saudaranya.

"Doa seorang Muslim buat saudaranya yang dilakukan tanpa pengetahuan saudaranya itu mustajab. Atas kepalanya ada malaikat yang ditugaskan setiap kali dia berdoa buat saudaranya itu, Malaikat itu juga berdoa berkata: 'Amin, dan buatmu juga yang seperti itu (seperti hajat yang didoakan buat saudaranya).' "[Riwayat Muslim].

2. Orang berpuasa.

3. Pemimpin yang adil.

"Tiga orang yang tidak ditolak doa mereka; orang yang berpuasa sampai dia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizalimi." [Riwayat al-Tirmizi].

4. Orang yang dizalimi.

"Doa orang yang dianiaya itu mustajab, sekalipun dia seorang yang berbuat maksiat, karena kemaksiatannya itu adalah tertanggung ke atas dirinya sendiri." [Riwayat Ahmad].

5. Orangtua.

6. Musafir.

"Tiga doa yang dikabulkan tanpa diragukan lagi; doa orang yang dizalimi, doa orang musafir dan doa orang tua untuk anaknya." [Riwayat al-Tirmizi].

7. Si anak yang berdoa buat orangtuanya.

"ALLAH megangkat derajat seorang hamba yang saleh dalam surga. Hamba itu bertanya: 'Wahai Tuhanku, bagaimana aku bisa dapat semua ini?' ALLAH menjawab: 'Dengan istighfar oleh anakmu untukmu!' "

8. Mujahid di jalan Allah.

9. Orang yang sedang menunaikan haji atau umrah.

"Orang yang sedang berperang di jalan Allah, haji atau umrah adalah delegasi tamu ALLAH. ALLAH memanggil mereka, mereka menanggapi seruan. Mereka memohon, maka ALLAH mengabulkannya. "[Riwayat Ibn Majah].

10. Orang yang banyak mengingat Allah.

"Tiga manusia yang doa mereka tidak ditolak; orang yang banyak sekali mengingat ALLAH, orang yang dizalimi dan pemimpin yang adil." [Riwayat al-Baihaqi dan al-Thabrani].

11. Orang yang tidur dalam keadaan suci.

"Tidak ada seorang Muslim yang tidur dalam keadaan dia mengingat ALLAH dan bersuci, kemudian dia terjaga malam dan memohon kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat melainkan ALLAH makbulkan untuknya." [Riwayat Abu Daud].

12. Orang yang berdoa dengan doa Nabi Yunus.

"Doa Zu al-Nun (Yunus) yang dia doakan ketika di dalam perut ikan adalah 'Lailahailla anta Subhanaka inni kuntu minazzolimin'. Tidak ada seorang Muslim pun yang berdoa dengannya, melainkan ALLAH makbulkan untuknya. "[Riwayat al-Tirmizi].

13. Orang yang benar-benar dalam kesulitan.

"Siapakah yang memperkenankan doa orang yang sedang menderita pada saat dia berdoa kepada-NYA?" [Al-Naml: 27: 62].

Nabi Muhammad s.a.w. bersabda:


"Siapapun yang disibukkan dengan membaca al-Quran dan mengingat ALLAH dari meminta sesuatu dari ALLAH, maka ALLAH akan memberikannya lebih baik dari apa yang diminta oleh orang lain. Dan kelebihan firman ALLAH (al-Quran) pada kata-kata lain adalah seperti kelebihan ALLAH atas makhluknya. "[Riwayat al-Tirmizi].

13 Golongan Orang Yang Doanya Mustajab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment