Berita Nasional dan Internasional Terkini

Bagaimana Kita Sholat Ketika Terjebak Kemacetan?

Advertisement


Rasanya setiap hari kita tidak bisa lari dari kemacetan lalulintas terutama bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Namun itu tidak boleh kita jadikan alasan untuk kita meninggalkan shalat. Namun, pertanyaannya, bagaimana cara kita sholat ketika terjebak macet ?

Bagaimana Kita Sholat Ketika Terjebak Kemacetan?


Masalah ini pasti sering anda temui, terutama untuk sholat maghrib. Waktu yang begitu singkat, jika anda terjebak macet 2 jam, pada saat waktu maghrib, bisa dipastikan anda akan tertinggal waktu sholat. Padahal banyak kantor yang memulangkan karyawannya pada waktu menjelang maghrib.

Dalam keadaan apapun, sholat 5 waktu tidak boleh ditinggalkan. Bahkan ketika sakit pun kita tetap wajib sholat. Kalau tidak bisa berdiri, dengan duduk. Tidak bisa duduk dengan tidur miring. Miring tidak bisa, telentang. Begitu seterusnya…Apalagi kalau kita dalam keadaan sehat.

Islam adalah agama yang mudah. Tuntunan sholat dalam keadaan seperti ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis diriwayatkan:

Hadis dari Ibn Abbas r.a. katanya: Rasulullah sa.w. mengumpulkan (menjama’) antara shalat Zhuhur dan 'Ashar dan antara Maghrib dan Isya' di Madinah, bukan karena takut dan bukan pula karena hujan. Dan di dalam lafal yang lain: Bukan karena takut dan bukan karena safar, Lalu (Ibn Abbas) ditanya: Mengapa beliau melakukannya? Jawabnya: Beliau menginginkan agar tidak menyusahkan umatnya ".
(HR Muslim: 1151)

Kemacetan lalu lintas adalah suatu masyaqqoh atau kesulitan. Dan sesuai dengan hadis di atas, rasanya hal yang paling mungkin untuk dilakukan adalah menjama’ sholat Maghrib dengan Isya’. Sebab tidak mungkin kita sampai di rumah masih mendapati waktu maghrib. Dan tentu saja jamaknya adalah jamak ta’khir atau melakukannya pada waktu sholat Isya’.

Memang dalam banyak kitab fiqh apa yang terjadi diatas tidak masuk dalam syarat jama’ sholat. Tapi rasanya mencari solusi lain untuk masalah itu agak sulit. Semoga saja program Jokowi untuk mengurai kemacetan di Jakarta cepat terlaksana, sehingga kita tidak khawatir lagi ketinggalan waktu sholat kita.

Wallahu a'lam bisshowab....

Bagaimana Kita Sholat Ketika Terjebak Kemacetan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...