Berita Nasional dan Internasional Terkini

Tamerlan Tsarnaev dan Dzhokhar A Tsarnaev, Kakak Beradik Pelaku Bom Boston

Advertisement


Setelah bekerja keras menyelidiki kasus bom Boston yang menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 100 orang, polisi AS akhirnya menemukan tersangka. Mereka adalah Tamerlan Tsarnaev dan Dzhokhar A Tsarnaev. Menurut pernyataan resmi dari penegak hukum Amerika Serikat, kedua tersangka adalah kakak beradik yang berasal dari Chechnya.

foto tamerlan tsarnaev, pelaku bom boston, tersonangka bom bost

Dilansir dari situs New York Times, Jumat (19/4/2013), sang kakak adalah tersangka yang mengenakan topi hitam, disebut FBI dengan Tersangka 1. Dia bernama Tamerlan Tsarnaev (26). Tamerlan tewas dalam baku tembak dengan polisi di Watertown, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada Jumat dini hari waktu setempat.

facebook Djohar tsarnaev, dzokhar tsarnaev

Penangkapan itu hasi dari pengembangan penyelidikan pada kamera di arena marathon. Kedua tersangka tersebut tertangkap kamera ketika berada di persimpangan jalan antara Boylston dan Gloucester. Lokasi tersebut cukup dekat dengan garis finish event Boston Marathon.

Dari foto yang dirilis FBI, diketahui keduanya berkulit putih dan merupakan dua pria muda. Dua orang tersebut sama-sama menggendong ransel yang diyakini berisikan bom. Tersangka pertama mengenakan topi bisbol hitam sedangkan tersangka kedua mengenakan topi berwana putih.

Sang adik adalah tersangka yang mengenakan topi putih terbalik, disebut FBI dengan Tersangka 2. Dia bernama Dzhokhar A Tsarnaev (19). Dzokhar berhasil lolos dari baku tembak di Watertown. Hingga saat ini Dzhokhar masih diburu polisi.

Dzokhar diketahui pernah bersekolah di sebuah SMA Cambridge, Boston. Dia menerima beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada tahun 2011.

Nama remaja itu muncul dalam daftar 45 penerima Beasiswa Kota Cambridge, yang diberikan untuk para pelajar dari sekolah Cambridge Rindge and Latin School.

Disebutkan bahwa Dzhokhar dan Tamerlan merupakan permanent resident di AS. Keduanya tinggal di wilayah Cambridge. Keduanya disebut-sebut berasal dari Chechnya.

Pelaku Beragama Islam, Lalu Kenapa?

Soal agama kedua tersangka yang beragama Islam, memang terkesan di ekspos habis-habisan di berbagai media. Ini mengesankan seolah-olah tindakan terorisme seperti ini memang merupakan ajaran Islam. Dan juga ingin menggambarkan kepada dunia bahwa Islam itu jahat, kejam dan tidak berperikemanusiaan.

Memang media masih lebih halus mengemasnya. Namun cobalah lihat komentar-komentar pada berita-berita tentang hal ini. Mereka begitu bebasnya mencaci Islam karena tidak ada moderasi pada komentarnya.

Padahal kalau kita lihat tindakan terror yang terjadi di Amerika, banyak juga dilakukan oleh orang-orang non muslim. Tapi ketika memberitakan hal itu, media tidak menyebut-nyebut soal agama. Lihat misalnya ketika beberapa bulan lalu terjadi terror penembakan di sebuah sekolah yang menewaskan puluhan anak-anak SD Sandy Hook di Amerika. Siapa pelakunya? Anda sudah tahu.

Memang begitulah media ‘sana’ menulis. Kalau pelaku terror adalah orang kulit putih, maka isu yang mengemuka adalah mental health dan gun control. Jika pelakunya orang hitam, maka isu utama yg akan dibahas adalah budaya kriminal dan gaya hidup rendahan kaum kulit hitam. Kalau orang hispanic yg berbuat maka isunya adalah imigran gelap dan bagaimana meninggikan atau memanjangkan dinding pemisah Mexico dan AS. Kalau orang Arab atau Muslim, makanya isunya adalah terorisme dan betapa Islam itu kanker dunia yang harus dibuang habis.

Lihat juga kasus Adam Lanza dengan anggota pasukan AS, Sgt Robert Bales yg menembaki dan membakar 16 warga sipil Afghanistan, 9 di antaranya anak2. Bukan agama pelaku yang diangkat, tapi isu tentang gun control ! Sama seperti pelaku terror di SD Sandy Hook Amerika.

Tamerlan Tsarnaev dan Dzhokhar A Tsarnaev, Kakak Beradik Pelaku Bom Boston Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...