Berita Nasional dan Internasional Terkini

6 Fakta Tentang SAMSUNG Yang Tidak Banyak Diketahui

Advertisement


Dulu, jika orang mau membeli barang elektronik biasanya pilihannya adalan Sony atau Panasonic. Samsung belum begitu terkenal seperti sekarang dan masih dianggap sebagai merek elektronik kelas ke-dua. Produk mereka dianggap kurang berkualitas dan kurang bermerk dibandingkan dengan merek lain, khususnya barang-barang elektronik merek berasal dari Jepang.

6 Fakta Tentang SAMSUNG Yang Tidak Banyak Diketahui

Namun kerja keras Samsung akhirnya membuahkan hasil. Sampai akhirnya vendor asal Korea Selatan tersebut saat ini menjadi produsen elektronik kelas dunia yang disegani. Ingin tahu beberapa fakta menarik tentang produsen smartphone terbesar di dunia ini? Mari kita baca di bawah ini :

1. Punya Bisnis Dalam Bidang Konstruksi dan Perkapalan

Samsung Electronics yang memproduksi smartphone, kulkas, hingga mesin cuci adalah bagian dari konglomerat bernama Samsung Group. Samsung Group beroperasi pada lebih dari 80 sektor bisnis.

 Di bidang konstruksi, ada anak perusahaan Samsung Engineering and Samsung C & T. Mereka antara lain membangun Burj Khalifa di Dubai, UAE, yang berstatus gedung tertinggi di dunia. Bahkan salah satu dari Menara Kembar Petronas di Malaysia, turut dibangun oleh Samsung

Selain itu, Samsung juga memiliki perusahaan Samsung Heavy Industries yang bergerak  dalam industri perkapalan. Ditilik dari sisi pendapatan, divisi ini adalah produsen kapal terbesar kedua di dunia.

Samsung Group juga memiliki Everland, sebuah taman tema hiburan terkenal dan tertua di Korea Selatan. Mereka juga turut mepunyai perusahaan asuransi dan perusahaan produsen mobil yang bekerja sama dengan Renault.

2. Perusahaan yang Dikendalikan Keluarga

Samsung adalah sebuah chaebol. Chaebol merupakan istilah bagi perusahaan  konglomerat besar yang dikelola oleh keluarga secara turun temurun.

Samsung didirikan oleh Lee Byung-chull. Setelah dia meninggal, kepemimpinan  Samsung diteruskan oleh Lee Kun-hee yang merupakan anak ketiga Byung-chull.

Keluarga Lee memang sangat kuat di dalam Samsung. Anak Lee Kun-hee yang bernama Lee Jae-yong, saat ini menjadi presiden dan Chief Operating Officer Samsung Electronics.

Lee Kun-hee sendiri memiliki harta melimpah dan masuk daftar orang terkaya di dunia. Menurut perkiraan oleh majalah Forbes, dia memiliki kekayaan bernilai USD 10.8 miliar

3. Dimulai dari Perusahaan Mie
  
Pada awalnya, Samsung sama sekali tidak memproduksi barang elektronik. Perusahaan ini didirikan oleh Lee Byung-chull pada tahun 1938 sebagai perusahaan perdagangan makanan.

Samsung ketika itu antara lain memproduksi mie dan berkantor di wilayah Daegu, Korea Selatan. Bisnis ini sukses dan kemudian pindah ke Seoul.

Setelah perang Korea selesai, Samsung mulai melebarkan sayap bisnisnya. Pada tahun 1954, Samsung mengembangkan pabrik pakaian cotton terbesar di Korea Selatan.

Sukses di bidang bisnis yang dirintisnya, Samsung akhirnya memutuskan masuk ke bisnis elektronik pada tahun 1960. Produk pertama mereka adalah televisi berlayar hitam putih.

4. Rahasia Sukses Samsung

Pada tahun 1993, Lee Kun-hee selaku Chairman Samsung mengadakan tur keliling dunia. Dia ingin tahu bagaimana tanggapan pasar internasional terhadap produk buatan Samsung.

Lee merasa tidak senang. Di California, Amerika Serikat, dia menyaksikan televisi Samsung berada di rak bawah dan tersembunyi. Sedangkan televisi Sony dan Panasonic berada di rak atas yang mudah dilihat orang.

Lee berniat mengubah Samsung menjadi produsen eletronik kelas satu yang disegani. Dia kemudian mengumpulkan para eksekutif Samsung di Jerman untuk mentransformasikan perusahaan itu dengan cepat.

Pidatonya ketika itu dijuluki sebagai Frankfurt Declaration Of 1993. Lee menegaskan strategi Samsung harus diubah untuk mengejar pesaing.

"Ubahlah semuanya selain istri dan anak-anak Anda," sebut Lee. Sejak itu, Samsung benar-benar berevolusi menjadi produsen elektronik yang disegani.
  
5. Produsen Elektronik Raksasa

Sejak tahun 1990-an, Samsung Electronics khususnya mencapai puncak kesuksesan. Mereka menjadi produsen memori chip terbesar di dunia pada tahun 1992 dan produsen chip nomor dua setelah Intel.

Dilihat dari unit terjual, Samsung saat ini adalah produsen ponsel terbesar di dunia menggantikan Nokia. Tahun lalu, Samsung menjual 215.8 juta unit ponsel. Lebih banyak dari kombinasi 3 produsen ponsel ranking di bawahnya.

Mereka juga berstatus sebagai produsen televisi dengan tingkat penjualan terbanyak sejak tahun 2006.

Keberhasilan Samsung di banyak bidang eletronik membuat produsen elektronik asal Jepang ketinggalan. Sejak tahun 2005, merek Samsung sudah lebih populer dibandingkan Sony menurut penelitian Interbrand

6. Korea Selatan Digelari Republic of Samsung

Samsung mepunyai peran ekonomi yang sangat penting bagi Korea Selatan. Diperkirakan, 17% dari Gross Domestic Product (GDP) Korea Selatan adalah dari Samsung.

Produk dan layanan buatan Samsung hampir menyentuh semua area kehidupan masyarakat Korea Selatan. Ini tidak lepas dari banyaknya bisnis yang digarap Samsung.

Warga Korea Selatan mungkin memakai smartphone Samsung dan tinggal di apartemen yang dibuat oleh Samsung juga. Dan mengambil perlindungan asuransi Samsung Life.

Dan para top management Samsung juga sangat kuat.

"Anda bahkan bisa mengatakan chairman Samsung lebih kuat dibandingkan dengan presiden Korea Selatan. Orang Korea berpendapat Samsung tidak dapat disentuh dan berada di atas hukum "ucap Woo Suk-hoon, seorang analis ekonomi.

6 Fakta Tentang SAMSUNG Yang Tidak Banyak Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment