Berita Nasional dan Internasional Terkini

Jangan Lakukan 8 Hal Ini Setelah Makan !

Advertisement


Ada banyak kebiasaan yang kita lakukan setelah makan, yang ternyata tidak baik untuk kesehatan kita. Memang rasanya agak berat untuk merubah kebiasaan-kebiasaan itu. Tapi jika itu demi kesehatan kita, kenapa tidak kita ikuti? Bukankah kesehatan adalah yang utama? Dan pastinya lebih baik mencegah daripada mengobati.

makan, 8 hal

Nah, untuk menjaga kesehatan kita, ada 8 hal yang harusnya tidak anda lakukan setelah makan:

1. Jangan merokok.
Menurut para ahli, efek menghisap sebatang rokok setelah makan sama dengan mereka yang menghisap 10 batang rokok, jadi potensi untuk mendapatkan penyakit lebih tinggi. Padahal bagi sebagian orang, merokok setelah makan adalah wajib! (hhemmm)

2. Jangan makan buah-buahan.
Memakan buah segera setelah makan akan menyebabkan perut kembung. Untuk tips makan yang sehat, buah bisa dikonsumsi 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan. Padahal biasanya buah langsung kita jadikan pencuci mulut khan?

3. Jangan minum teh.
Karena daun teh mengandung kandungan asam yang tinggi, ia akan menyebabkan kandungan protein dalam makanan yang kita makan keras dan sulit untuk dicerna.

4. Jangan melonggarkan sabuk.
Melonggarkan sabuk setelah makan dapat menyebabkan usus terbelit dan macet. Ini juga kebiasaan kita kalau kekenyangan.

5. Jangan mandi.
Mandi akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan dan menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan berkurang. Ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut kita.

6. Jangan banyak berjalan.
Pada hakikatnya berjalan memang bagus untuk menyehatkan jantung, tapi pada saat yang sama ia tidak bagus untuk pencernaan makanan. Berjalan akan menyebabkan kesulitan bagi sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

7. Jangan langsung tidur.
Selain akan menyebabkan kenaikan berat badan, ini juga dapat mengundang lambung di dalam usus karena ketika tidur, pencernaan tidak dapat dilakukan dengan baik.

8. Jangan langsung minum air.
Minum air setelah makan akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Kita tidak dianjurkan minum air yang banyak selama atau dalam waktu setengah jam - 1 jam setelah makan. Nah ini juga kebiasaan kita khan?

Itulah beberapa hal yang harus kita hindari setelah kita makan. Semoga dengan begitu kita menjadi sehat selalu. Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah makan ya…

Jangan Lakukan 8 Hal Ini Setelah Makan ! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment