Berita Nasional dan Internasional Terkini

10 Nasehat Bagi Mereka Yang Sedang Ditimpa Musibah/Ujian

Advertisement


10 Nasehat Bagi Mereka Yang Sedang Ditimpa Musibah/Ujian | Setiap manusia pasti pernah mengalami musibah, apapun itu bentuknya. Ujian, musibah, cobaan dan tantangan akan mendatangi diri setiap manusia tanpa memandang waktu dan tempat. Ia akan datang pada siapa saja. Siapapun itu apakah dia raja, sultan, menteri, orang kaya, orang miskin, orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Semuanya akan diuji.

10 Nasehat Bagi Mereka Yang Sedang Ditimpa Musibah/Ujian

Kesusahan itu ujian. Kesenangan pun ujian. Pandai itu Ujian. Kurang pandai pun ujian. Cantik itu ujian. Kurang cantik pun ujian. Jadi apapun yang kita miliki ini semua hakekatnya adalah ujian bagi kita. Bukankah Nabi Sulaiman juga diuji dengan kemewahan?

Memang, kadang kita baru akan menyebut sesuatu itu sebagai ujian atau musibah jika sesuatu itu menyakitkan atau membuat kita susah. Tapi ketika diuji dengan sesuatu yang enak, nikmat…dia lupa. Nabi Sulaiman berkata :”Ini (semua harta itu) adalah anugerah Tuhanku, untuk mengujiku apakah aku akan bersyukur atau akan ingkar”

ALLAH SWT berfirman;
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS Al-Anbiyaa ': 35)

Nah, ketika diuji dengan kesusahan itulah kadang orang kemudian ada yang tidak kuat. Sehingga tidak sedikit yang berusaha untuk bunuh diri atau berusaha menghilangkan kesusahan itu dengan jalan yang tidak halal.

Berikut adalah 10 Nasehat Bagi Mereka Yang Sedang Ditimpa Musibah/Ujian:

Pertama: Yakinlah bahwa di luar sana ada orang  lain juga yang mendapat ujian atau musibah. Ada yang diuji dengan kemiskinan. Ada yang diuji dengan harta, jabatan, dan kekuasaan. Ada yang diuji dengan istri yang berakhlak buruk. Ada wanita yang diuji dengan suami jahat. Ada wanita yang diuji dengan mertua jahat. Ada yang diuji dengan ibunya sendiri dan terlalu banyak jenis ujian yang menimpa diri manusia. Maka sebagaimana manusia-manusia yang lain ditimpa musibah / ujian yang beraneka ragam. Begitu jugalah ujian / musibah yang akan menimpa diri anda. Anda tidak sendirian…

Kedua: Sabarlah dengan ujian yang sedang kamu hadapi. Alhamdulillah Anda masih mampu memikulnya. Bisa jadi jika Anda diuji dengan ujian yang lain maka Anda tidak akan mampu menghadapinya. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menguji hambaNya melebihi batas kemampuan hambanya itu.

Ketiga: Terkadang setan membisikkan kepada anda bahwa ujian yang kamu hadapi sangatlah berat dan tidak mungkin untuk kamu pikul. Maka ingatlah bahwa saat ini masih terlalu banyak orang yang diuji dengan ujian yang jauh lebih berat dengan ujian yang sedang anda hadapi.

Keempat: Ujian atau musibah yang menimpa kita, jika dihadapi dengan kesabaran maka akan menghapus dosa-dosa dan meninggikan derajat.

Kelima: Barangkali Allah menghendaki anda untuk meraih sebuah tempat yang tinggi di surga yang tidak mungkin kamu peroleh dengan sekadar amal saleh anda.

Keenam: Ingatlah ... dengan ujian terkadang kita baru sadar bahwasanya kita ini sangatlah lemah dan selalu butuh kepada Allah Yang Maha Kuasa. Terkadang kita baru mengenal yang namanya khusyu 'dalam sholat ... kita baru bisa merasakan kerendahan yang disertai derai air mata ... kita baru bisa merasakan nikmatnya ibadah ... tatkala ujian datang ... tatkala musibah menerpa.

Ketujuh: Ingatlah, dengan ujian atau musibah yang menimpa kita terkadang menghilangkan sifat ujub pada diri kita. Karena tatkala kita rajin beribadah dan selalu mendapatkan kenikmatan terkadang timbul ujub dalam diri kita dengan merasa bahwa diri kita hebat dan selalu beruntung. Jangan sampai kita salah persepsi dengan menganggap tanda kecintaan Allah kepada hamba adalah tidak ditimpanya hamba tersebut dengan musibah.

Kedelapan: Berbaik sangkalah kepada Allah. Yakinlah bahwa dibalik ujian dan musibah yang menimpa anda ada kebaikan dan hikmah. Bahkan barangkali, jika ujian tersebut tidak datang dan jika musibah tersebut tidak menimpamu maka akan lebih buruk keadaanmu. Allah SWT berfirman:

"Dan bisa jadi kalian membenci sesuatu padahal ia amat baik bagi kalian." (QS Al-Baqarah: 216)

Kesembilan: Bisa jadi musibah atau ujian yang kita benci tersebut akan mendatangkan banyak kebaikan. Allah SWT berfirman:

"Maka mungkin kalian membenci sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS An-Nisaa: 19)


Kesepuluh: Ingatlah bahwa tidak ada kesusahan selamanya dan kegembiraan selamanya kecuali di akhirat kelak. Selama anda masih hidup di dunia ini maka bersiaplah dngan ujian yang akan datang. Bersabarlah demi meraih ketentraman dan kebahagiaan abadi di surga nanti. Ada yang bilang, "Kalau mau hidup di dunia harus siap diuji. Kalau tidak mau diuji. Jangan hidup di dunia!!!"

Demikian 10 nasehat untuk mereka yang baru ditimpa ujian atau musibah, jika saat ini anda sedang mendapatkannya, semoga anda diberi kesabaran dalam menghadapinya. Ingat, setelah kesusahan, pasti ada kemudahan…

10 Nasehat Bagi Mereka Yang Sedang Ditimpa Musibah/Ujian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...