Berita Nasional dan Internasional Terkini

5 Tindakan Darurat Yang Anda Kira Benar Tapi Sebenarnya Salah

Advertisement

Kadang kita dihadapkan pada situasi kritis yang perlu penanganan cepat. Tapi sayangnya tindakan yang kita lakukan seringkali tidak tepat, meski pada umumnya orang melakukan itu. Coba anda ingat, pernahkah Anda mengalami 5 situasi di bawah ini? Jika pernah tentu saja Anda telah mengetahui hasil dari tindakan susulan Anda. Tapi bagi anda yang belum pernah mengalami situasi seperti ini, berikut adalah tips terbaik untuk menangani tindakan berikutnya :

5 Tindakan Darurat Yang Anda Kira Benar Tapi Sebenarnya Salah


1 . Anak Anda mendapat cedera di kepala hingga tidak sadarkan diri .

Tindakan awal Anda mungkin membawa anak tersebut pulang ke rumah atau melarikan korban ke rumah sakit . SALAH ! Menurut ahli , tindakan bijak yang harus dilakukan adalah menghubungi nomor darurat untuk bantuan darurat .

Ini karena cedera kepala adalah hal yang gawat dan Anda tidak tahu betapa seriusnya cedera yang dialami. Korban mungkin juga mengalami gegar otak atau tulang belakang, dengan mengubah posisi korban bisa mengakibatkan situasi bertambah buruk .

Apa yang perlu Anda lakukan adalah memastikan korban masih bernafas dan memiliki nadi . Jika jawabannya ya , Anda dapat menepuk korban sedikit dan memanggil namanya untuk melihat apakah anak itu masih sadar. Jika korban tidak bernapas mulailah CPR dengan cepat .
2 . Anak Anda hilang di tempat umum .

Tindakan awal Anda mungkin mencarinya sendiri . SALAH ! Dalam kondisi dunia sekarang , kita harus berasumsi yang terburuk. Mencari seorang diri di tempat yang luas dan besar akan membutuhkan waktu yang panjang. Tindakan yang tepat adalah meneliti di daerah sekeliling Anda dan berteriak memanggil namanya .

Jika itu tidak berhasil, minta pertolongan dan bantuan dari staf di tempat tersebut dengan segera . Karyawan dan staf gedung - gedung yang besar biasanya telah dilatih untuk mengatasi situasi ini . Mereka dapat memantau jalur keluar masuk, memeriksa toilet - toilet dan sebagainya . Jika tindakan itu gagal untuk menemukan anak Anda, hubungi polisi dengan segera .

3 . Anda melihat anak kecil Anda memegang botol obat atau bahan kebutuhan rumah yang berbahaya dan Anda tidak tahu apakah ia telah menelannya .

Tindakan awal Anda mungkin menyimpan bahan tersebut dan mengamati kondisinya jika dia mulai jatuh sakit . SALAH ! Para ahli merekomendasikan agar Anda tidak menunggu dan lihat apa yang akan terjadi .

Sebaliknya, bawa anak Anda untuk menjalani pemeriksaan atau hubungi bantuan darurat dengan cepat . Mereka dapat memberi nasihat apakah bahan tersebut tidak beracun atau pun membawa anak Anda ke UGD .

4 . Anda dapat melihat tubuh anak Anda di dasar kolam renang .

Nauzubillah ! Jika kondisi ini terjadi apa yang terlintas di pikiran setiap orang tua adalah terjun dan menyelamatkannya . SALAH ! Menurut kata ahli, kebanyakan orang tidak mampu untuk melakukannya sendiri .

Tindakan yang benar ; jika dapat, adalah dengan memberitahu orang lain apa yang terjadi dan meminta mereka menghubungi bantuan dengan secepat mungkin. Kemudian , sebelum Anda terjun cari sesuatu untuk mengapungkan tubuh Anda .

Segera keluar dari air, coba menghidupkan kembali jantung dan paru - parunya dengan melakukan CPR. Lanjutkan CPR hingga bantuan tiba dan anak itu kembali pulih atau sampai Anda sudah tidak sanggup lagi .

5 . Saat piknik di tepi pantai, anak Anda telah terkena senggatan ubur - ubur ( jellyfish ) .

Tindakan awal Anda mungkin mencuci tempat sengatan tersebut dengan air bersih atau dengan bahan alkohol atau bagi sebagian orang menyiramnya dengan air kencing . SALAH !
Tindakan yang harus Anda lakukan menurut dokter adalah, membilas tempat senggatan itu dengan air laut . Air tawar atau air yang Anda rasakan bersih sebenarnya akan menambah rasa sakit .

Selanjutnya buang semua sesunggut binatang tersebut yang dapat Anda lihat. Kompres tempat tersebut dengan cuka putih ( white vinegar ) sehingga rasa sakitnya hilang. Jika keadaan bertambah buruk, segera hubungi dokter.

Demikian tips untuk menghadapi situasi  darurat yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat. 

5 Tindakan Darurat Yang Anda Kira Benar Tapi Sebenarnya Salah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: siti fatimah

0 comments:

Post a Comment

loading...